PERBANDINGAN SENAM JANTUNG SEHAT DENGAN SENAM LANSIA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN KARDIOVASKULER DAN KAPASITAS VITAL PARU PADA LANSIA WANITA DI DESA MAWANG KELOD UBUD GIANYAR

  • Desak Made Puja Astuti Program Magister Fisiologi Keolahragaan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • I Dewa Sutjana Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Luh Putu Ratna Sundari Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Nyoman Mangku Karmaya Departemen Ilmu Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
  • I Made Jawi Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Susy Purnawati Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Pendahuluan: Penduduk lansia di Indonesia menempati peringkat ke  empat dunia. di Bali tercatat jumlah penduduk lansia   mencapai 9,7 % dari jumlah penduduk keseluruhan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk  membandingkan Senam Jantung Sehat dan Senam Lansia terhadap peningkatan ketahanan kardiovaskuler dan kapasitas vital paru pada lansia. Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan rancangan randomized pre-test dan post-test control group design, 2 kelompok masing-masing 12 orang lansia. Kelompok 1 dengan perlakukan Senam Jantung Sehat, dan kelompok 2 perlakuan senam lansia. Pelatihan diberikan 3 kali dalam seminggu selama 6 minggu. Alat ukurnya adalah tes jalan 2 menit di tempat untuk ketahanan kardiovaskuler dan pengukuran kapasitas vital paru dengan spirometri. Hasil: Independen t-test ketahanan kardiovaskuler didapatkan nilai p= 0.075(p>0,05). Hasil Independen t- test kapasitas vital paru  lansia didapatkan nilai p = 0,753 (p> 0,05) Hasil ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan ketahanan kardiovaskuler dan kapasitas vital paru pada kelompok yang diberikan Senam Jantung Sehat dan Senam Lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-21
How to Cite
ASTUTI, Desak Made Puja et al. PERBANDINGAN SENAM JANTUNG SEHAT DENGAN SENAM LANSIA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN KARDIOVASKULER DAN KAPASITAS VITAL PARU PADA LANSIA WANITA DI DESA MAWANG KELOD UBUD GIANYAR. Sport and Fitness Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 11-18, jan. 2021. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/69609>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2021.v09.i01.p02.

Most read articles by the same author(s)