EFEKTIVITAS FELDENKRAIS EXERCISE LEBIH BAIK DARIPADA CORE STABILITY EXERCISE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON SPESIFIK KRONIS

  • Maulida Rohmah Fauziah Program Studi Magister Fisiologi Keolahragaan, Universitas Udayana, Denpasar
  • Luh Putu Ratna Sundari Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Wahyuddin Wahyuddin Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Ketut Tirtayasa Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Dewi Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
  • Ni Made Swasti Wulanyani Departemen Psikologi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Latar Belakang: Keluhan nyeri punggung bawah non spesifik kronis menyebabkan  keterbatasan dalam beraktivitas sehari-hari. Latihan yang paling banyak digunakan untuk mengatasinya adalah core stability exercise, namun hasilnya tidak konsisten dan terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan bahwa Feldenkrais exercise lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan fungsional pada pasien NPB non spesifik kronis. Materi dan Metode: Penelitian ini mengikutsertakan 20 pasien NPB non spesifik kronis di Klinik Halmahera Medika Bandung yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan pre and post test control group design. Subjek dibagi ke dalam 2 kelompok, masing-masing 10 orang secara acak. Kelompok I mendapat perlakuan Feldenkrais exercise sedangkan kelompok II mendapat perlakuan core stability exercise selama 8 minggu. Kemampuan fungsional diukur menggunakan Modified Oswestry Disability Index sebelum intervensi dan setelah intervensi selama 8 minggu. Hasil: Hasil perbandingan persentase ODI sebelum dan setelah dalam masing-masing kelompok menunjukkan perubahan yang signifikan (p= 0,005; p=0,005). Sedangkan hasil perbandingan selisih perubahan ODI antara ke dua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan Kelompok I lebih banyak meningkatkan kemampuan fungsional daripada Kelompok II (p= 0,009). Kategori disabilitas di Kelompok I juga lebih rendah daripada kategori disabilitas di kelompok CSE. Kesimpulan: Feldenkrais exercise  lebih efektif daripada CSE dalam meningkatkan kemampuan fungsional.


 


Kata kunci: Nyeri Punggung Bawah, Feldenkrais, Core Stability Exercise, Awareness Through Movement, Oswestry Disability Index.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-29
How to Cite
FAUZIAH, Maulida Rohmah et al. EFEKTIVITAS FELDENKRAIS EXERCISE LEBIH BAIK DARIPADA CORE STABILITY EXERCISE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON SPESIFIK KRONIS. Sport and Fitness Journal, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 150-157, sep. 2020. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/64722>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2020.v08.i03.p07.

Most read articles by the same author(s)