Peran self regulated learning dan task commitment terhadap prestasi akademik remaja akhir yang kuliah dan bekerja paruh waktu di Denpasar dan Badung
Abstract
Prestasi akademik merupakan indikator utama keberhasilan sebuah proses pendidikan, utamanya bagi remaja akhir. Manfaat prestasi akademik yang tinggi bagi remaja yaitu mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, meningkatkan kematangan karier, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier secara optimal, mempercepat masa studi dan membuka kesempatan penerimaan beasiswa. Namun tidak semua remaja mampu meraih prestasi akademik tinggi, salah satunya disebabkan oleh rutinitas lain di luar jam perkuliahan yakni bekerja. Keberhasilan remaja yang menjalankan perkuliahan sambil bekerja dalam meraih prestasi akademik tinggi tidak terlepas dari pengaturan strategi belajar yang baik dan komitmen yang tinggi terhadap tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self regulated learning dan task commitment terhadap prestasi akademik remaja akhir yang kuliah sambil bekerja di Denpasar dan Badung.
Subjek dalam penelitian ini adalah 185 orang mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan perkuliahan sambil bekerja di Denpasar dan Badung. Pengumpulan data dilakukan dengan arsip Indeks Prestasi Kumulatif, skala Self Regulated Learning dan skala Task Commitment. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,353, nilai koefisien determinasi sebesar 0,125 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel self regulated learning sebesar 0,354 dan task commitment sebesar -0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa self regulated learning dan task commitment secara bersama-sama berperan terhadap prestasi akademik remaja akhir yang kuliah sambil bekerja di Denpasar dan Badung.
Kata kunci: remaja akhir, self regulated learning, task commitment, prestasi akademik
Downloads
References
Azwar, S. (2014a). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2014b). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BBC Indonesia. (2016). Mahasiswa yang bekerja sambil kuliah meningkat. Diunduh dari http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/08/150810_majalah_pendidikan_mahasiswa. Diakses pada 21 Januari 2017.
Fang, Legaspi, Perez, Remigio & Sengsourya.(2008). Factors affecting GPA. Diunduh dari http://public.csusm.edu/fangfang/Teaching/BUS304/TeamPresentation Spr08/Report_Group3.pdf . Diakses pada 20 November 2016.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hawadi, R. A. (2002). Identifikasi keberbakatan intelektual melalui metode non-tes: Dengan pendekatan konsep keberbakatan renzulli. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan edisi kelima. Terjemahan Instiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2017). Statistik pendidikan tinggi. Diunduh dari http://kopertis3.or.id/v5/wp-content/uploads/Buku-Statistik-Pendidikan-Tinggi-2017.pdf. Diakses 3 Juli 2018.
Kholiq, M. A. (2015). Task commitment mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja sebagai guru dalam mencapai keberhasilan belajar program S1 di setia walisembilan semarang. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.
Lesmana, P. S. W. (2015). Pengaruh perkembangan dua lokasi kampus universitas udayana terhadap perkembangan fasilitas wilayah sekitarnya. (Tesis Tidak Dipublikasikan). Universitas Gajah Mada.
Metriyana, M. (2014). Studi komparatif pengaruh motivasi, perilaku belajar, self-efficacy dan status kerja terhadap prestasi akademik antara mahasiswa tidak bekerja. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Universitas Diponegoro.
Mezei, G. (2008). Motivation and self-regulated learning: A case study of a pre-intermediate adult student. WoPaLP. 2, 79-104.
Motte, A., & Schwartz, S. (2009). Are student employment and academic success linked?. Canada: Millennium Research Note. Diunduh dari http://www.millenniumscholarships.ca/. Diakses pada 25 Januari 2017.
Munandar, U. (2002). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Novanto, Y. (2015). Motivasi belajar, penyesuaian diri, kepuasan mahasiswa dan prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa di universitas X. Publikasi Ilmiah Seminar Nasional Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (1), 165-174.
Nurman, A., Sihaloho, L., Yenni, Pinem, M. B., & Ponirin. (1994). Kontribusi kondisi ekonomi orang tua, biaya kost, motivasi profesi terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa FPIPS IKIP Medan. Laporan Penelitian Medan. 6-7.
Puspita, S.A.L., & Rustika, I. M. (2018). Peran self regulated learning dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa remaja akhir fakultas kedokteran universitas udayana yang pernah menjadi finalis bali pageants. Jurnal Psikologi Udayana. 5(1), 1-11.
Rachmah, D. N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak. Jurnal Psikologi. 42(1). 61-77.
Rastafary, N. (2017). Studi pendahuluan: kendala akademik mahasiswa universitas udayana yang kuliah sambil bekerja. (Naskah Tidak Dipublikasikan). Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Riana, P.R., & Rustika, I.M. (2016). Hubungan antara self regulated learning dan kelekatan remaja awal terhadap Ibu dengan prestasi belajar siswa SMP N 6 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 3(1). 54-63.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika. 3(2). 15-20.
Ronen, S. (1981). Flexible working hours: an innovation in the quality of work life. USA: Mc.Graw-Hill Book Company.
Santrock, J. W. (2007). Remaja: Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Schaie, K. W., & Carstensen, L. L. (2006). Social structure, aging and self-regulation in the elderly. New York: Springter Publishing Company.
Siregar, R. (2006). Pengaruh indeks prestasi kumulatif dan persepsi mahasiswa akuntansi kota Medan mengenai beberapa faktor tertentu terhadap pilihan karir. (Tesis Publikasi). Universitas Sumatera Utara Medan. 15-16.
Sitepu, C. F. (2014). Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa yang aktif berorganisasi di universitas sumatera utara. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). University of Sumatera Utara Institutional Repository.
Sucipto. (2014). Pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi program studi IPS SMA Negeri di kota Jombang. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 2 (2), 237-251.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta
Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyono. (2004). Kuliah sambil bekerja. Pikiran Rakyat 11 Juni 2004. Diunduh dari
http://www.pikiranrakyat.com/index.php?mib=topik&id=9. Diakses pada 21Januari
2017.
Wicaksono. (2009). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar sebagai akibat dari latihan bola voli terhadap prestasi belajar atlet di sekolah. (Tesis Tidak Dipublikasikan). Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Yenni, D. (2007). Kuliah sambil kerja, why not?. Majalah Medan Bisnis 1: Jakarta.
Zimmerman, B. J., Bonner, S., & Kovach, R. (1996). Developing self regulated learners:Beyond achievement to self efficacy. Washington: American Psychological Association
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).