Peran pola asuh otoritatif dan internal locus of control terhadap kecerdasan emosional remaja madya di SMA Negeri 1 Tabanan

  • Ni Luh Putu Nina Idelia Aryantha Putri Universitas Udayana
  • I Made Rustika Universitas Udayana

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki individu untuk mengenali, memotivasi, dan mengelola emosi pada diri sendiri maupun orang lain. Kecerdasan emosional dapat berkembang karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan, salah satunya adalah pola asuh. Disamping pengaruh lingkungan, kecerdasan emosional juga dipengaruhi oleh cara individu memandang penyebab kejadian dalam hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pola asuh otoritatif dan internal locus of control terhadap kecerdasan emosional pada remaja madya. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja madya yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tabanan berjumlah 107 orang. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai R sebesar 0,617 (p<0,05), dengan demikian koefisien determinasi adalah 0,381 yang berarti pola asuh otoritatif dan internal locus of control secara bersama-sama memiliki sumbangan efektif sebesar 38,1% terhadap kecerdasan emosional. Koefisien beta terstandarisasi dari pola asuh otoritatif menunjukkan nilai sebesar 0,167 (p<0,05), sehingga pola asuh otoritatif berperan secara signifikan terhadap kecerdasan emosional remaja madya. Koefisien beta terstandarisasi dari internal locus of control menunjukkan nilai sebesar 0,537 (p<0,05), sehingga internal locus of control berperan secara signifikan terhadap kecerdasan emosional remaja madya.


 


Kata kunci: Kecerdasan emosional, pola asuh otoritatif, internal locus of control, remaja madya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abzani & Leonard. (2017). Pengaruh Locus of Control Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI.
Ayudiati, Soraya E. (2010). Analisis Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Bank Jateng Semarang). Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang. http://eprints.undip.ac.id/22547/1/ Diakses pada 13 Januari 2018.
Azwar, S. (2012a). Penyusunan Skala Psikologi . Yogyakarta: Pustaka Belajar
Azwar, S. (2012b). Reliabilitas dan Validitas . Yogyakarta : Pustaka Belajar
Azwar, S. (2013b). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi Kedua. Yogyakarta : Pustaka
Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Abuse. Journal of Early Adolescence , 11(01), 56-95.
Baumrind, D. (2005). Pattern of parental authority and adolescent autonomy: New directions for child and adolescent development. Summer, (108), 61-69
Baumrind, D. (2008). Parenting for moral growth. Spring, 1(02), 1-6.
Belajar.Callanan, (Eds.), Encyclopedia of Career Development. Diunduh dari https://books.google.co.id/books?id=Jf1yAwAAQBAJ&pg. Diakses pada 5 Desember 2017.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:
Badan Pnerbit Universitas Diponegoro.
Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2007). Social Intelligence: Ilmu baru tentang hubungan antar manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional : Mengapa EI Lebih Penting Daripada Q. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Haryati, D. (2014). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Harga Diri Siswa di SMA N 1 Kretek Bantul. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah, Yogyakarta.
Hermasanti, Winahyu K. (2009). Hubungan antara pola kelekatan dengan kecerdasan emosi pada remaja siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Kartika, U. (2013). Berkelahi Bisa Turunkan Kecerdasan Remaja. Diunduh dari http://health.kompas.com/read/2013/08/05/1456112/Berkelahi.Bisa.Turunka n.Kecerdasan.Remaja Diakses pada Maret 2017. Keduabelas. Jakarta: Salemba Humanika.
Kreitner & Kinicki. (2009). Perilaku Organisasi Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat.
O’Driscoll, M. (2006). Locus of Control. In Jeffrey H. Greenhaus and Gerard A. Callanan, (Eds.), Encyclopedia of Career Development. Diunduh dari https://books.google.co.id/books?id=Jf1yAwAAQBAJ&pg. Diakses pada 5 Desember 2017.
Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human development: Perkembangan manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Papalia, D.E. & Feldman, R.D. (2014). Menyelami perkembangan manusia. Edisi Keduabelas. Jakarta: Salemba Humanika.
Rotter, J. B. (1966). Generalized Expectancies For Internal Versus External Control Of Reinforcement. Psychological Monographs, 80 Whole No. 69.
Rustika, I.M. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada remaja. (Disertasi tidak dipublikasikan). Program Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sarafino, E.P. (1990). Health Psychology :Biopsychosocial Interactions. New York: John Willey and Sons.
Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology :Biopsychosocial Interaction, 3rd Edition.
Stein S.J & Book, H.E. (2000). Ledakan EQ 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Substance Abuse. Journal of Early Adolescence , 11(01), 56-95.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sumijah. (2015). Locus of control pada masa dewasa. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan, Psychology Forum UMM 384-391.
Published
2019-04-27
How to Cite
PUTRI, Ni Luh Putu Nina Idelia Aryantha; RUSTIKA, I Made. Peran pola asuh otoritatif dan internal locus of control terhadap kecerdasan emosional remaja madya di SMA Negeri 1 Tabanan. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 56-66, apr. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48625>. Date accessed: 16 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)