Peran konsep diri dan persepsi anak mengenai harapan orangtua terhadap kematangan pemilihan karir pada siswa sma di Kota Denpasar
Abstract
Keberhasilan yang diraih seseorang dalam kehidupan di masa depan sangat ditentukan oleh kemampuannya mempertimbangkan pilihan karir yang sesuai. Hal ini sangat berkaitan dengan kematangan pemilihan karir. Kematangan pemilihan karir dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang sangat berperan yaitu pandangan tentang diri, sedangkan faktor eksternal adalah stimulus yang diberikan oleh lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri dan persepsi anak mengenai harapan orangtua terhadap kematangan pemilihan karir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah 98 orang siswa SMA di Kota Denpasar yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kematangan pemilihan karir, skala konsep diri, dan skala persepsi anak mengenai harapan orangtua. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,549, nilai koefisien determinasi sebesar 0,301 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel konsep diri sebesar 0,271 dan variabel persepsi anak mengenai harapan orangtua sebesar 0,357. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsep diri dan persepsi anak mengenai harapan orangtua secara bersama-sama berperan meningkatkan taraf kematangan pemilihan karir pada siswa SMA di Kota Denpasar.
Kata kunci: kematangan pemilihan karir, konsep diri, persepsi anak mengenai harapan orangtua, siswa SMA
Downloads
References
Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., & Hilgard, E. R. (1983). Intoduction to Psychology. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich, Publishers.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brown, D., & Brooks, L. (2002). Career Choice and Development, Aplliying Contempory Theories to Practice. San Francisco. California: Jossey - Bass.
Calhoun, J.F.& Acocella.J.R. (1990). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djuarsa. (2004). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ermadani. (2015). Peran Orang Tua dalam Membantu Arah Pilihan Karir Anak di Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar. Sumatera Barat: STKIP PGRI .
Field, A. (2009). Discovering Statistic Using SPSS. SAGE Publication.
Gunarsa, S.D & Gunarsa, Y.S. (2006). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Orang Tua. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.
Hayati & Gusniarti, U. (2007). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Tuntutan dan Harapan dengan Stres Siswa di Sekolah Menengah Umum. Jurnal Psikologika.
Kemendikbud. (2014). Presentase Siswa Lintas Jurusan pada SNMPTN. Jakarta: Puspendik.
Kemendikbud. (2017). Daftar Peringkat SMA Terbaik Kota Denpasar 2017. Denpasar: Puspendik.
Kemenristekdikti. (2017). Statistik Pendidikan Tinggi 2017. Jakarta: Pusdatin IPTEK Dikti
Makmun. (2017). Psikologi Kependidikan Perangkat Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muss, R. E. , Olds, S. W. , & Fealdman. (2001). Human Development. Boston: McGraw-Hill Companies.
Nofrita. (2008). Kontribusi Konsep Diri terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padang Panjang). Skripsi (belum dipublikasikan). Padang: STKIP PGRI Padang Sumbar.
Olaosebican. (2014). Effect of Parental Influence On Adolesencents Career Choice In Badagri Local Goverment Area of Lagos State Nigeria. Journal of Research and Method in Education.
Papalia, D E., Olds, S. W., & Feldman, Ruth D. (2001). Human Development. Boston: McGraw-Hill.
Rahmat. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P & Judge, T. A. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Santrock, Jhon W. (2003). Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta :Erlangga.
Setyawardani. (2009). Faktor-faktor yang memengaruhi Mahasiswa Akuntasi dalam Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik. Jurnal Stiesia. Semarang: Universitas Diponegoro.
Silitonga. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Rencana Pilihan Karier pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal FKIP Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Steinberg. (2002). Adolescence. New York: McGraw Haill Inc.
Suryabrata, S. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Susana, T. (2006). Konsep Diri: Apakah Itu?. Konsep Diri Positif, Menentukan Prestasi Anak. Yogyakarta: Kanisius
Tarsidi, Didi. (2007). Teori Perkembangan Karir. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Taylor, S. E., Peplau L. A., & Sears D. O. (2009). Psikologi Sosial, edisi kedua belas. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taylor, S. & Yu, D. (2008). The Importance of Socio-economic Status in Determining Educational Achievement in South Africa. South Africa: Developmnet Policy Research Unit University of Capetown..
Winkel & Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Winkel & Hastuti. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yamamoto, Y., dan Holloway, S.D. (2010). Parental Expectations and Childerns Academic Performance in Sociocultural Contex. International Journal.
Yulianti, D. (2007). Profil Pembelajaran Sains. Laporan penelitian. Semarang: Unnes.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).