Analisis Strategi Pengembangan Jamu Gendong di Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan Analisis Strategi pengembangan Jamu Gendong di Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan
Main Article Content
Abstract
Jamu merupakan obat tradisional turun temurun dari nenek moyang yang banyak disukai oleh
masyarakat. Jamu gendong merupakan jamu dalam bentuk cair yang dijual penjajah dalam botol yang
diletakkan dalam keranjang yang digendong di punggung belakang dan dijual berkeliling dari rumah ke
rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat digunakan
sebagai upaya pengembangan jamu gendong di era modern saat ini khususnya di Kecamatan Blega
Kabupaten Bangkalan. Analisis yamg digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal
(IFE) dan analisis lingkungan eksternal (EFE), matriks internal eksternal (IE), matriks SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity and Threats), matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation Matrix)
dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis data didapatkan total skor dari masing-
masing faktor adalah faktor internal 15 faktor dengan total skor (3,05) faktor eksternal terdapat 10 faktor
dengan total skor (2,49). Sedangkan untuk alternatif strategi ada 7 alternatif yang diperoleh dari matriks
SWOT, IE dan SPACE. Pada matriks QSPM diperoleh prioritas strategi 1. Meningkatkan kualitas produk
yang dihasilka,. 2. Membuat produk yang terjangkau agar menjadi alternatif pilihan dalam keadaan krisis
ekonomi, 3. Mempertahankan dan menjaga mutu produk yang dihasilkan, 4. Diversifikasi produk, 5.
Memperbaiki saluran distribusi, 6. Penetrasi pasar dan pengembangan produk, 7. Strategi agresif.
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Tradisional
Melalui Segmentasi Pasar Online Berdasarkan Prinsip Ekonomi Syariah. Repository Universitas
Islam Kalimantan. 1, 1–12.
David, F.R. 2011. Strategic Manajement concepts and cases, Upper Saddle River, New Jersey.
Penerbit Person Education.
Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis
Teknologi. Jurnal Ilmiah FIFO. 11(01): 52-64.
Muliasari, H., Ananto, A.D., dan Andayani, Y. 2019. Inovasi dan Peningkatan Mutu Produk Jamu
Pada
Perajin Jamu Gendong di Kota Mataram. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. 1: 72-77.
Munica, R.D., Ulya, M., dan Fakhry, M. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Industri Jamu
Tradisional di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agrointek. 11(02): 81-94.
Setyorini, H., Effendi, M., Santoso, I. 2016. Analisis Strategi Menggunakan Matriks SWOT dan
QSPM (Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen
Agroindustri. 5(1): 46-53.
Sukini. 2018. Jamu Gendong Solusi Sehat Tanpa Obat. Jakarta Timur. Penerbit Badan Pengembangan
dan Pembinaan Bahasa.
Syamsudin, R.A.M.R. 2014. Temulawak Plant (Curcuma xanthorrhiza Roxb). as a Traditional
Medicine. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari. 10(01): 51-56.