Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kopi Neo Coffee Di Kota Denpasar
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to determine the factors that influence consumer behavior in making decisions to purchase of kopi Neo Coffee in Denpasar City and this study aims to determine the variables that influence the decision to purchase Kopi Neo Coffee in Denpasar City. Data collection techniques carried out in this research is by questionnaires, totaling 100 questionnaires to respondents in Denpasar City, and 30 questionnaires to respondents in Badung Regency to conduct validity and reliability test. The data analysis used in this research is quantitative descriptive analysis, multiple linier regression analysis, hypothesis test (T test and F test) and coefficient of determination using SPSS Version 21. The results of the regression test show that cultural, social, personal, and psychological factors have a positive and significant influence on consumer behavior in purchasing decisions. Analysis of consumer behavior factors regarding purchasing decisions about Kopi Neo Coffee products in Denpasar City has a level of influence on purchasing decisions of 77,1%. Which means that the variable analysis of consumer behavior factor on purchasing decisions has a large enough influence.
Keywords : Factors Analysis, Consumer Behavior, Purchasing Decisions
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui faktor -faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian Kopi Neo Coffe di Kota Denpasar dan untuk menentukan variabel yang berpengaruh pada keputusan pembelian Kopi Neo Coffee di Kota Denpasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuisioner sebanyak 100 kuisioner kepada responden yang berada d Denpasar dan 30 kuisioner di Kabupaten Badung untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif kuantitatif, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F) dan Koefisien Determinasi dengan alat bantu SPSS Versi 21. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Analisis faktor perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian produk Kopi Neo Coffee di Kota Denpasar memiliki tingkat pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian sebesar 77,1% yang berarti bahwa variabel analisis faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh yang cukup besar.
Kata kunci : Analisis Faktor, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Didik, G. 2022. Keputusan pembelian konsumen marketplace shopee berbasis social media marketing (B. Nasution Ed; Pertama), Tebing Tinggi: PT Inovasi Pratama Internasional.
Gafar, P. A. 2018. Proses penginstanan aglomerasi kering dan pengaruhnya terhadap sifat fisiko kimia kopi bubuk robusta (Coffea robusta Lindl. Ex De Will). Jurnal Dinamika Penelitian Industri, Vol. 29(2): 165–171.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Honest Docs. 2020. Masyarakat Indonesia Doyan 'Ngopi', Tapi Apakah Jumlahnya Sudah Aman?. [Internet] : Tersedia di : https: //www.honestdocs.id/batas-minum-kopi-sehari-indonesia, diakses pada 20 Agustus 2023
Karnowati, N. B., dan E. Handayani. 2021. Emotional Branding Pembelian Sepeda Lipat di Era Covid-19. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 1-13.
Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Edisi 9, Pt. Indeks, Gramedia, Jakarta.
Kotler, P., and Keller, Kevin L. 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall. Inc.
Kurniawan, A., dan Rosyid Ridlo, M. 2017. Perilaku konsumtif remaja penikmat warung kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32(1): 9–22.
Mizwar, F.,dan Sinaga, A. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kopi instan. SEPA: Juenal Sosial Ekonomi Pertamian dan Agribisnis. 11(2), 175-180.
Novratena, D., A. Hartiati., dan I.W.G.S. Yoga. 2021. Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kopi kapal api savhet di Kota Denpasar. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, Vol. 9, No. 1.
Pratama, R. A., 2022. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Olahan Keripik Tempe Rini Snack di Kota Duri. Skripsi. Tidak dipublikasi. Universitas Islam Riau. Pekanbaru.
Schiffman, L. G., and Kanuk, L. L. 2010. Consumer Behavior (10th ed). New Jersey. Pearson Practice Hall.
Solikatun. D. T. 2015. Perilaku konsumsi kopi sebagai budaya masyarakat konsumsi: Studi Fenomenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang, Jurnal Analisa Sosiologi. 4(1): 60-74.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta, CV. Bandung.
Sujarweni, V.W. 2019. Metodologi Penelitian Bisnin & Ekonomi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Sunarta dan Suyadi. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Susu Kedelai Merek Mandala 525 di Jakarta. 11(1), 49-79.
Yuniva, R. C. 2014 Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian Freshtea. Skripsi. Tidak dipublikasi. Institut Pertanian Bogor.