Peran kecerdasan emosional dan persaingan antar saudara terhadap motivasi berprestasi pada remaja
Abstract
Motivasi berprestasi adalah keinginan mengalami keberhasilan dan berpartisipasi ke dalam kegiatan, dengan keberhasilan yang bergantung pada upaya dan kemampuan pribadi. Motivasi berprestasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kecerdasan emosional dan persaingan antar saudara. Individu yang memiliki kecerdasan emosional yang baik cenderung akan dapat memotivasi diri untuk lebih berprestasi. Begitu pula dengan persaingan antar saudara berperan terhadap motivasi berprestasi, apabila terjadi persaingan antar saudara kandung karena adanya, rasa cemburu sebagai akibat dari perilaku membandingkan oleh orangtua. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dan persaingan antar saudara terhadap motivasi berprestasi pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja dengan rentang usia 12 tahun hingga 21 tahun, sebanyak 137 orang yang dipilih dengan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi dengan reliabilitas 0.950, Skala Kecerdasan Emosional dengan reliabilitas 0.931, dan Skala persaingan antar saudara dengan reliabilitas 0.946. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai R=0,727 dan koefisien determinasi sebesar 0,528. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan persaingan antar saudara memberikan hubungan yang positif terhadap motivasi berprestasi dan memberikan pengaruh sebesar 52,8% terhadap motivasi berprestasi. Berdasarkan hal tersebut remaja hendaknya belajar mengelola emosi dengan berlatih introspeksi diri beinteraksi ataupun beradaptasi dengan kehidupan sosialnya, serta orangtua dan masyarakat mampu membuat suasana lingkungan yang positif dengan harapan dapat terciptanya motivasi berprestasi.
Kata Kunci: Kecerdasan emosi, motivasi berprestasi, persaingan antar saudara, remaja
Downloads
References
Anonim. (2018). Takut ujian bahasa mandari jadi motif gadis SMP ini bunuh diri. Diperoleh dari http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/21/takut-ujian-bahasa-mandarin-jadi-motif-gadis-smp-ini-bunuh-diri?page=2 diakses 20 september 2018
Baron & Byrne,. (2003). Psikologi sosial. Jilid 1 Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga
Birra, Fadhil Al. (2018). Kisah kakak beradik raih medali emas olimpiade matematika di Korsel. Diperoleh dari https://www.jawapos.com/features/02/08/2018/kisah-kakak-beradik-raih-medali-emas-olimpiade-matematika-di-korsel diakses 27 september 2108
Boyle, W. A. (2011). Sibling Rivalry. Angelfire: Welcome to Angelfire. Diperoleh dari http://www.angelfire.com/md/imsystem/sibriv1.html diakses 17 desember 2017
Fernald, L., Dodge & Fernald, Peter, S. (2004). Introduction to psychology (5th ed). India: A.I.T.B.S. Publishers & Distributors.
Field, A. (2009). Discovering statistic using SPSS 3rd edition. SAGE Publication.
Goleman, Daniel. (2000). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (2001). Kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia
Goleman, D. (2009). Kecerdasan emosional, mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E.B. (1989). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. (2002). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. edisi kelima. Terjemahan Instiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Khoirunnisa, Nikki. (2016). Pengaruh urutan kelahiran dan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa di SMP AN-NUR Bululawang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana malik Ibrahim Malang
McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York : Cambridge University Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).