Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama

  • I Made Riantama Adi Saputra Universitas Udayana
  • Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya Universitas Udayana

Abstract

Gangguan psikofisiologis merupakan gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor-faktor psikologis terutama stres. Gangguan psikofisiologis memfokuskan perhatian pada hubungan kausal satu arah pada interaksi antara psike dan soma, atau dampak dari faktor psikologis secara negatif terhadap kondisi medis secara umum. Bagi sebagian individu, pendidikan kedokteran dipersepsikan sebagai keadaan yang penuh dengan stres. Adanya stres akademik pada mahasiswa kedokteran, khususnya mahasiswa kedokteran tahun pertama memiliki konsekuensi yang merugikan terhadap kondisi kesehatan, seperti kecenderungan gangguan psikofisiologis. Hardiness merupakan sekumpulan trait dari karakteristik kepribadian yang menjadi sumber perlawanan ketika individu berhadapan dengan peristiwa yang penuh dengan stres. Adanya hardiness pada mahasiswa kedokteran tahun pertama akan membantu untuk mengatasi stres akademik secara efektif sehingga tidak mengarah pada kecenderungan gangguan psikofisiologis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sebanyak 158 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Somatic Symptom Scale–8, Skala Gangguan Psikofisiologis, Skala Stres Akademik, dan Skala Hardiness. Hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan nilai koefisien parameter individual stres akademik sebesar 0,727 dengan signifikansi 0,028 (p<0,05), yang berarti stres akademik berperan seacara signifikan terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis, selanjutnya nilai koefisien parameter individual moderasi Hardiness sebesar -0,003 dengan signifikansi 0,348 (p>0,05), yang berarti Hardiness tidak berperan secara signifikan dalam memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara stres akademik terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis.


 


Kata Kunci: Stres Akademik, Hardiness, Kecenderungan Gangguan Psikofisiologis Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulghani, H. M., AlKanhal, A. A., Mahmoud, E. S., Ponnamperuma, G. G., & Alfaris, E. A. (2011). Stress and its effects on medical students: A cross-sectional study at a college of medicine in Saudi Arabia. Journal of Health, Population and Nutrition, 29, 516-522. doi:10.3329/jhpn.v29i5.8906.
American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th Rev ed.). Washington, DC: Author.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Washington, DC: Author.
Atkinson, L. R., Atkinson, C. R., & Hilgard, R. E. (1999). Pengantar psikologi (Jilid 2, edisi ke-8). Jakarta: Erlangga.
Azwar, S. (2016a). Reliabilitas dan validitas (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016b). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016c). Penyusunan skala psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Augesti, G. (2015). Perbedaan tingkat stres antara mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Skripsi, Universitas Lampung). Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/7018/
Bullington, J. (2013). The expression of the psychosomatic body from a phenomenological perspective. Springer Science & Business Media.
Cacioppo, J., Tassinary, L. G., & Berntson, G. G. (2007). The handbook of psychophysiology, (3rd ed.). New York: Cambridge University Pers.
Chinawa, J. M., Nwokocha, A. R. C., Manyike, P. C., Chinawa, A. T., Aniwada, E. C. & Ndukuba, A. C. (2016). Psychosomatic problems among medical students: A myth or reality? International Journal of Mental Health Systems, 10, 1-5. doi: 10.1186/s13033-016-0105-3.
Chincholikar, S. V., & Kulkarini. (2017). An insight into hardiness status of medical undergraduates. Indian Journal of Community Health, 29(2), 191-193. Diakses dari http://www.iapsmupuk.org/journal/index.php/IJCH/article/view/1703
Christyanti, D., Mustami’ah, D., & Sulistiani, W. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. INSAN, 12(3), 153-159. Diakses dari http://dspace.hangtuah.ac.id/xmlui/handle/dx/585
Davison, G. C., Neale, J. M., & Kring, A. M. (2014). Psikologi abnormal (Edisi ke-9). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Feist, J., & Feist, G. J. (2013). Teori kepribadian (Edisi 7). Jakarta: Selemba Humanika.
Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. London: SAGE Publications.
Gellman, M. D., & Turner, J. R. (2012). Encyclopedia of behavioral medicine. New York: Springer.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gierk, B., Kohlamann, S., Kroenke, K., Spangenberg, L., Zenger, M, Brahler, E., & Lowe, B. (2014). The Somatic Symptom Scale-8 (SSS-8). JAMA Intern Med, 174, 399-407. doi:10.1001/jamainternmed.2013.12179
Gunawan, A. W. (2012). The miracle of mind body medicine. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Harari, P. & Legge, K. (2001). Heinemann themes in psychology: Psychology and health. London: Heinemann Educational.
Heiman, T., & Kariv, D. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Students Journal, 39(1), 72-89. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ711897
Heinen, I, Bullinger, M., & Kocalevent, R. (2017). Perceived stress in first year medical students - associations with personal resources and emotional distress. BMC Medical Education, 17, 1-14. doi:10.1186/s12909-016-0841-8.
Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (2014, 8 Maret). Proses belajar prodi kedokteran umum. Diakses 23 September, 2017, dari http://hmku.fkunud.com/proses-belajar-prodi-kedokteran-umum/
Hystad, W. S., Eid, J., Laberg, J. C., Johnsen, B. H., & Bartone, P. T. (2009). Academic stress and health: Exploring the moderating role of personality hardiness. Scandinavian Journal of Educational Research, 53, 421-429. doi:10.1080/00313830903180349.
Kamtsios, S. & Karagiannopoulou. E. (2015). Exploring relationships between academic hardiness, academic stressors and achievement in university undergraduates. Journal of Applied Educational and Policy Research, 1(1), 53-73. Diakses dari https://journals.uncc.edu/jaepr/article/view/317
Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grebb, J. A. (2010). Sinopsis psikiatri (Jilid 2). Tangerang: Binarupa Aksara.
Kearney, C. A., & Trull, T. J. (2012). Abnormal psychology and life: A dimensional approach. USA: Wadsworth.
Khan, M. J., Altaf, S., & Kausar, H. (2013). Effect of perceived academic stress on students’ performance. FWU Journal of Social Sciences, 7(2), 146-151. Diakses dari http://sbbwu.edu.pk/journal/pages/FWUJournalVol.7,No.2.php
King, L. A. (2014). Psikologi umum: Sebuah pandangan apresiatif (Buku 2). Jakarta: Salemba Humanika
Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health: An inquiry into hardiness. Journal of personality and Social Psychology, 37, 1-11. doi:10.1037/0022-3514.37.1.1
Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Khan, S. (1982). Hardiness and health: A prospective study. Journal of Personality and Social Psychology, 42, 168-177. doi:10.1037/0022-3514.42.1.168
Klag, S., & Bradley, G. (2004). The role of hardiness in stress and illness: An exploration of the effect of negative affectivity and gender. British Journal of Health Psychology, 9, 136-161. doi:10.1348/135910704773891014
Konsil Kedokteran Indonesia. (2012). Standar pendidikan profesi dokter. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
Lin, Y. M. & Chen, F. S. (2009). Academic stress inventory of students at universities and colleges of technology. World Transactions on Engineering and Technology Education, 7(2), 157-162. Diakses dari http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/TOC_V7N2.html
Lickerman, A. (2010, 4 Maret). Psychosomatic symptoms. Psychology Today. Diakses 25 Februari, 2017, dari https://www.psychologytoday.com/blog/happiness-in-world/201003/ psychosomatic-symptoms
Maddi, S. R. (2013). Hardiness: Turning stressful circumstances into resilient growth. Dordrecht: Springer.
Maulana, Z. F., Soleha, T. U., Saftarina, F., & Siagian, J. M. C. (2014). Perbedaan tingkat stres antara mahasiswa tahun pertama dan tahun kedua di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medical Journal of Lampung University, 3(4), 154-162. Diakses dari http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/255
Murberg, T. A. & Bru, E. (2007). School-related stress and psychosomatic symptoms among adolescents. School Psychology International, 25, 317-332. doi: 10.1177/0143034304046904
Navas, S. (2012). Stress among medical students. Kerala Medical Journal, 5(2), 34-37. Diakses dari http://journals.publishmed.com/index.php/KMJ/article/view/303/320
Natvig, G. K., Albrektsen, G., Anderssen, N., & Qvarnstrom, U. (2000). Academic stress and psychosomatic symptomp among adolescents. Journal of School Health, 69, 362-368. doi:10.1111/j.1746-1561.1999.tb06430.x
Nguyen, T. D., Shultz, C. J., & Westbrook, M. D. (2012). Psychological hardiness in learning and quality of college life of business students: Evidence from Vietnam. Journal of Happiness Studies, 13, 1091-1103. doi:10.1007/s10902-011-9308-0

Nurtjahjanti, H. & Ratnaningsih, I. Z. (2011). Hubungan kepribadian hardiness dengan optimisme pada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip, 10, 126-132. doi:10.14710/jpu.10.2.126-132
Olejnik, S. N. & Holschuh, J. P. (2016). College rules! 4th edition: How to study, survive, and succeed. New York: Ten Speed Press.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
Pramudiarja, A. U. (2011, 5 Mei). 30 persen pasien dokter umum sebenarnya hanya stres. Detik Health. Diakses 26 Februari, 2017, dari http://health.detik.com/read/2011/05/05/ 150459/1633291/763/30-persen-pasien-dokter-umum-sebenarnya-hanya-stres
Pratiwi, D. & Lailatushifah, S. N. F. (2007). Kematangan emosi dan psikosomatis pada mahasiswa tingkat akhir. Insight, Jurnal Ilmiah Psikologi. Diakses dari http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/jurnal-ilmiah/
Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga
Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2010). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
Sarwono, J. (2013). Statistik multivariat aplikasi untuk riset skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental (Edisi 2). Yogyakarta: Kanisius.
Sevilla, C. G., Ochave, J. A., Punsalan, T. G., Regala, B. P., Uriarte, G. G. (1992). Research method. Philippines: Rex Book Store
Sheard, M. (2009). Hardiness commitment, gender, and age differentiate university academic performance. British Journal of Educational Psychology, 79, 189-204. doi: 10.1348/000709908X304406
Shepperd, J. A., & Kashani, J. H. (1991). The relationship of hardiness, gender, and stress to health outcomes in adolescent. Journal of Personality 59, 747-768. doi: 10.1111/j.1467-6494.1991.tb00930.x
Shriatnia, K., Mirdoraghi, F., Pakmehr, H., & Iravani, M. R. (2013). A study of relationship between hardiness and self-efficacy with mental health in Iran. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(7), 760-764. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/A-Study-of-Relationship-between-Hardines
s-and-Self-Shriatnia-Mirdoraghi/e0acfcdb98448b4957666bf4851eb0f256a85f64
Soderstrom, M., Dolbier, C., Leiferman, J., & Steinhardt, M. (2000). The relationship of hardiness, coping strategies, and perceived stress to symptoms of illness. Journal of Behavioral Medicine, 23, 311-328. doi: 10.1023/A:1005514310142
Sue, D., Sue, D. W., Sue, D. M., & Sue, S. (2016). Understanding abnormal behavior (11th ed.). Stamford, CT: Cengange Learning.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta
Sutjiato, M., Kandou, G. D. & Tucunan, A. A. T. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, 5(1). 30-42. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7176
Tamaya, F. R. (2016). Hubungan antara hardiness dengan academic stress pada mahasiswa strata satu Universitas Syiah Kuala (Skripsi, Universitas Syah Kuala). Diakses dari http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=23965
Tasman, A., Kay, J., Lieberman, J. A., First, M. B., & Maj, M. (2008). Psychiatry (3rd ed.). England: John Wiley & Sons.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana.
Taylor, S. E. (2012). Health psychology (9th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran
Universitas Udayana (2010). Peraturan akademik Universitas Udayana. Bukit Jimbaran: Universitas Udayana.
Universitas Udayana (2016). Peraturan akademik Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Udayana. Bukit Jimbaran: Universitas Udayana
Van Hasselt, V. B., & Hersen, M. (1994). Advanced abnormal psychology. New York: Plenum Press.
Widiastuti, D. Z., & Astuti, K. (2008). Hubungan antara hardiness dengan burnout pada guru sekolah dasar. Insight, Jurnal Ilmiah Psikologi. Diakses dari http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/jurnal-ilmiah/
Wilks (2008). Resilience amid academic stress: The moderating impact of social support among social work students. Advances in Social Work, 9(2), 106-125. Diakses dari http://journals.iupui.edu/index.php/advancesinsocialwork/article/view/51
Yumba, W. (2010). Academic stress: A case of the undergraduate students. (Dissertation, Linköping University). Diakses dari http://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A556335&dswid=2653
Published
2019-04-27
How to Cite
SAPUTRA, I Made Riantama Adi; SUARYA, Luh Made Karisma Sukmayanti. Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 31-43, apr. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48622>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>