MEDITASI MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA

  • Natassa R Tejena Universitas Udayana
  • Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya Universitas Udayana

Abstract

Pada masa remaja, individu mengalami perubahan emosi. Emosi remaja yang cenderung meledak-ledak dan sulit dikendalikan apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah bagi remaja dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, remaja membutuhkan kemampuan regulasi emosi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melatih regulasi emosi adalah meditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah meditasi meningkatkan regulasi emosi pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian NonEquivalent Group Design. Meditasi yang digunakan adalah meditasi Bali Usada yang terdiri dari meditasi teknik mindfulness dan loving kindness. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia 15 sampai dengan 18 tahun atau siswa SMA atau SMK di Denpasar yang diperoleh dengan melakukan two stages cluster sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang terdiri dari 32 orang dan kelompok kontrol yang terdiri dari 31 orang. Kedua kelompok diberikan pre-test berupa skala regulasi emosi. Kemudian, kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pelatihan meditasi selama sebulan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan pelatihan. Setelah itu, kedua kelompok diberi post-test berupa skala regulasi emosi.Hasil uji hipotesis dengan Paired Sample ttest menunjukkan nilai signifikansi selisih pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen sebesar 0.000yang kurang dari 0.05 (p<0.05) dan nilai signifikansi selisih pre-test dan post-test pada kelompok kontrol sebesar 0.388 yang lebih dari 0.05 (p>0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meditasi dapat meningkatkan regulasi emosi pada remaja.


Kata Kunci: meditasi, regulasi emosi, remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N Detail Berita. (2015, Januari 24). Retrieved April 16, 2016, from Suksesinews.com: http://suksesinews.com/berita-geng-motor-otaki-kasus-penusukan-di-denpasar.html.
Perkumpulan Bali Usada. (2016). Retrieved Desember 16, 2016, from Bali Usada: http://www.baliusada.com/ index.php? option=com_content&task=view&id=449&Itemid=49.
Ada, M. (2014). Meditasi Kesehatan Meduitasi Pikiran Harmonis Getaran dan Menyehatkan Diri Sendiri (Edisi Revisi). Denpasar: Bali Usada.
Alexander, C. N., Swanson, G. C., Rainforth, M. V., Carlisle, T. W., Todd, C. C., & Oates, R. M. (1993). Effects of the transcendental meditation program on stress reduction, health, and employee development: A prospective study in two occupational settings. Anxiety, Stress & Coping, 6(3), 245-262.
Anggriawan, F. (2014, September 28). Humaniora. Retrieved April 2016, 16, from SINDONEWS.com: http://nasional.sindonews.com/read/906057/15/narkoba-di-kalangan-pelajar-mahasiswa-makin-parah-1411908498
Anoraga, W. (2015, Maret 27). Liputan Khusus. Retrieved April 16, 2016, from IndonesianReview.com: http://indonesianreview.com/wira-anoraga/pendidikan-kian-loyo
Arch, J.J. & Craske, M.G. (2006). Mechanisms of Mindfulness: Emotion Regulation Following a Focused Breathing Induction. Behaviour Research and Therapi, 44(12), 1849-1858.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Baskara, A., Soetjipto, H. P., & Atamimi, N. (2008). Kecerdasan Emosi Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Program Meditasi. Jurnal Psikologi, 35(2), 101-115.
Betts, J., Gullone, E., & Allen, J. S. (2009). An examination of emotion regulation, temperament, and parenting style as potential predictors of adolescent depression risk status: A correlational study. British Journal of Developmental Psychology, 27(2), 473-485.
Brantley, M., & Hanauer, T. (2008). The Gift of Loving-Kindness. Oakland: New Harbinger Publication, Inc.
Ciarrochi, J., Bilich, L., & Godsell, C. (2010). Psychological Flexibility as A Mechanism of Change in Acceptance and Commitment Therapy. In R. Baer, Assessing Mindfulness and Acceptance: Illuminating the Processes of Change (pp. 51-76). Oakland: New Harbinger Publication.
Clement, S. (2012). Meditation for Beginners: Techniques for Awareness, Mindfulness & Relaxation. Minnesota: Llewellyn Publications.
Desbordes, G., Negi, L. T., Pace, T. W., Wallace, A., Raison, C. L., & Schwartz, E. L. (2012). Effects of Mindful-Attention and Compassion Meditation Training On Amygdala Response to Emotional Stimuli in an Ordinary, Non-Meditative State. Neural Effects of Mindfulness.
Dunn, B.R., Hartigan, J.A. & Mikulas, W.L. (2009). Appl Psychophysiol Biofeedback, 24 (3), pp 147-165.
Evan-Chase, M. (2013). Mindfulness Meditation with incarcerated youth: A randomized controlled trial informed by neuropsychosocial theories of adolescence.
Farb, N. A., Anderson, A. K., & Segal, Z. V. (2012). The Mindful Brain and Emotion Regulation in Mood Disorders. The Canadian Journal of Psychiatry.
Faridh, R. (2008). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Kenakalan Remaja. (Naskah Publikasi). Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Goldin, P. R., & Gross, J. J. (2010). Effects of Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) on Emotion Regulation in Social Anxiety Disorder. Emotion, 10(1), 83-91.
Goldin, P., Ziv, M., Jazaieri, H., Hahn, K., Gross, J.J. (2013). MBSR vs aerobic exercise in social anxiety: FMRI of emotion regulation of negatie self-beliefs.
Goodwin, H., Haycraft, E., & Meyer, C. (2012). The Relationship between Compulsive Exercise and Emotion Regulation. British Journal Health Psychology, 17(4), 699-710.
Gratz, K.L., & Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficulties in Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopatology and Behavioral Assesment, 26(1), 41-53.
Gratz, K. L., & Tull, M. T. (2010). Emotion Regulation as a Mechanism of Change in Acceptance and Mindfulness-Based Treatments. In R. Baer (Ed.), Assessing Mindfulness and Acceptance Processes in Clients (pp. 107-134). Oackland: New Harbinger Publications, Inc.
Greenberg, L.S., & Safran, J.D. (1987). Emotions in psychotherapy. New York: Guilford.
Jiyu-kennett (2016). Serene Reflection Meditation. California: Shasta Abbey.
Kearney, D., McManus, C., Matte, C., Martinez, M., Felleman, B., & Simpson, T. L. (2014). Loving-Kindness Meditation and the Broaden-and-Build Theory of Positive Emotions Among Veterans With Posttraumatic Stress Disorder. Medical Care, 52, 32-38.
Kemeny, M. E., Foltz, C., Cavanagh, J. F., Cullen, M., Giese-Davis, J., Jennings, P., et al. (2012). Contemplative/Emotion Training Reduces Negative Emotional Behavior And Promotes Prosocial Responses. Emotion 12, 338–350.
Keune, P. M. (2010). Mindfulness Meditation: A Preliminary Study on Meditation Practice During Everyday Life Activities and its Association with Well-Being. Psihologijske teme, 19(2), 373-385.
Kharina & Saragih J.I (2012). Meditasi Metta-Bhacana (Loving-Kindness Meditation) unuk mengembangkan Self-compassion. Jurnal On-Line Predicara.
Kumari, S. & Ghosh, S. (2015). Effect of Cyclic Meditation on Quality of Life and Perceived Stress in Female Adolescence. Journal of Educational & Psychological Researches, 1(3), 238-240.
Lally, P., Van Jaarsveld, C.H.M., Potts, H.W.W., & Wardle, J. (2010). European Journal of Social Psychology, 40(6), 998-1009.
Leung, M.-K., Chan, C. C., Yin, J., Lee, C.-F., So, K.-F., & Lee, T. M. (2013). Increased gray matter volume in the right angular and posterior parahippocampal gyri in loving-kindness meditators. Social Cognitive and Affective Neuroscience, 8(1), 34-39.
Luders, E., Toga, A. W., Lepore, N., & Gaser, C. (2009). The underlying anatomical correlates of long-term meditation: Larger hippocampal and frontal volumes of gray matter. NeuroImage, 45(3), 672-678.
Lutz, A., Brefczynski-Lewis, J., Johnstone, T., & Davidson, R. J. (2008). Regulation of the Neural Circuitry of Emotion by Compassion Meditation: Effects of Meditative Expertise.
Maharani, E.A. (2013). Pengaruh Pelatihan “Meditasi Sadar Diri” Terhadap Penurunan Tingkat Distres Remaja yang Mengalami Kehamilan Pranikah. (Tesis Tidak Dipublikasikan). Program Studi Magister Profesi Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Menezes, C.B., Couto, M., Buratto, L.C., Erthal, F., Pereira, M.G., & Bizzaro, L. (2013). The Improvement of Emotion and Attention Regulation after a 6-Week Training of Focused Meditation: A Randomized Controlled Trial. Evidence - Based Complementary and Alternative Medicine.
Nielsen, L. & Kaszniak, A.W. (2006). Awareness of Subtle Emotional Feelings: A Comparison of Long-term Meditators and Nonmeditators. Emotion. 6(3), 392-405.
Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara Regulasi Emosi dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya pada Remaja. Jurnal Psikologi, 2, 160-178.
Nurhasanah, M. (2014). Hubungan antara Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal dan Expressive Suppression dengan Kecenderungan Gaya Pengambilan Keputusan pada Anak Didik Tindak Pidana Narkoba di Lapas Anak Pria di Tangerang. (Tesis tidak dipublikasikan). Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Ortner, C. N., Kilner, S. J., & Zelazo, P. D. (2007). Mindfulness meditation and reduced emotional interference on a cognitive task. Motivation and Emotion, 31(4), 271-283.
Roeser, R. W., & Pinela, C. (2014). Mindfulness and compassion training in adolescence: A developmental contemplative science perspective. Mindfulness in Adolescence, 2014 (142), 9-30.
Published
2018-06-30
How to Cite
TEJENA, Natassa R; SUARYA, Luh Made Karisma Sukmayanti. MEDITASI MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 147-158, june 2018. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/40408>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>