PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE SOMETHINC
Abstract
Tren produk kecantikan dan kesadaran untuk merawat diri semakin meningkat selama pandemi Covid-19. PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan peningkatan tersebut dijadikan peluang oleh Somethinc, salah satu brand yang viral saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran brand image dalam memediasi social media marketing terhadap purchase intention produk skincare Somethinc pada pengguna Instagram di Kota Denpasar. Metode yang digunakan ialah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sample yang digunakan sebanyak 110 responden yang belum pernah membeli produk skincare Somethinc. Penelitian ini menemukan bahwa brand image memediasi secara parsial antara social media marketing terhadap purchase intention. Berikutnya, ditemukan hasil bahwa semua hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa brand image yang baik dari persepsi konsumen terhadap segi kualitas, pengguna, visual, dan keunikan Brand Somethinc dapat memengaruhi penerapan social media marketing dalam meningkatkan purchase intention konsumen pada produk skincare Somethinc. Implikasi penelitian ini secara teoritis memberikan kontribusi empiris terhadap hubungan brand image, social media marketing, dan purchase intention, serta secara praktis sebagai bahan referensi bagi perusahaan Somethinc dalam membangun brand image yang baik.
Downloads
References
Adriana, I. L., & Widodo, T. (2019). Peran Brand Awareness dan Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Activity terhadap E-WOM dan Komitmen Pelanggan Tokopedia. E-Proceeding of Management, 6(2), 2817–2824.
Adriana, T., Ellitan, L., & Lukito, R. S. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image pada Scarlett-Whitening di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 11(1), 21–29. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3947
Agustina, S. (2020). Analisis Faktor Gaya Hidup Sehat dan Social Media Marketing terhadap Niat Beli pada Followers Instagram Herbalife Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(1), 257–264.
Ahdiat, A. (2022, September 28). 10 Serum Wajah Paling Laris di E-Commerce, Mayoritas Brand Lokal. Databoks.Katadata.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/28/10-serum-wajah-paling-laris-di-e-commerce-mayoritas-brand-lokal
Alfeel, E. (2019). The Impact of Social Media Marketing on Consumer Purchase Intention: Consumer Survey in Saudi Arabia. Journal of Marketing and Consumer Research, 56, 13–22. https://doi.org/10.7176/JMCR
Anggrenita, E., & Sander, O. A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention yang Dimediasi Customer Trust Produk MS Glow. Journal of Business & Applied Management, 15(2), 143–152. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3774
Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6638–6657. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p13
Ceyhan, A. (2019). The Impact of Perception Related Social Media Marketing Applications on Consumers’ Brand Loyalty and Purchase Intention. Emerging Markets Journal, 9(1), 87–100. https://doi.org/10.5195/emaj.2019.173
Chan, B., Purwanto, E., & Hendratono, T. (2020). Social Media Marketing, Perceived Service Quality, Consumer Trust and Online Purchase Intentions. Technology Reports of Kansai University, 62(10), 6265–6272. https://www.researchgate.net/publication/346973042
Compas. (2022, February 1). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi E-Word of Mouth pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28–42. www.validnews.id,
Endit, N. P. I. (2022, November 19). Peluang Pasar: Produk Kecantikan dan Perawatan. Ukmindonesia.Id. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-pasar-produk-kecantikan-dan-perawatan/
Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2020). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722
Febriati, I. G. A. U., & Respati, N. N. R. (2020). The Effect of Celebrity Endorser Credibility and Product Quality Mediated by Brand Image on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(3), 464–470. www.ajhssr.com
Hasya, R. (2023, February 19). Whatsapp Teratas, Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan Warganet Indonesia Sepanjang 2022. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/whatsapp-teratas-ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-warganet-indonesia-sepanjang-2022-iJklw#:~:text=1.,Whatsapp&text=Aplikasi%20yang%20berfungsi%20sebagai%20pengirim,Indonesia%20berusia%2016%2D64%20tahun
Ismalia, S. (2021, August 24). Lady Boss: Irene Ursula, Sosok di Balik “Somethinc” Skincare Lokal Yang Bikin Glowing. Fimela.Com. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4638984/lady-boss-irene-ursula-sosok-di-balik-somethinc-skincare-lokal-yang-bikin-glowing
Kameswara, I. G. A. R., & Respati, N. N. R. (2022). Brand Image dalam Memediasi Pengaruh EWOM terhadap Niat Beli Konsumen pada Sepeda Motor Honda ADV. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 1009–1028. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i05.p08
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 15 (15th ed.). Erlangga.
Mahdi, M. I. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Milagsita, A. (2020, December 31). Racun TikTok Check, Ini 8 Skincare yang Viral Sepanjang Tahun 2020! Beautynesia.Id. https://www.beautynesia.id/beauty/racun-tiktok-check-ini-8-skincare-yang-viral-sepanjang-tahun-2020/b-183080
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962–1982. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16
Pramesti, I. A. C., & Rahanatha, G. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word of Mouth (WOM) terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 7073–7101. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p5
Pramudita, E., & Sitinjak, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image pada Pengguna Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 10(2), 1–10.
Putra, I. D. P. G. W., & Aristana, M. D. W. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention (Studi Kasus : SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(11), 1035–1044.
Raharjo, S. T. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi pada Lazada. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–6.
Rahyuda, I. K. (2019). Metode Penelitian Bisnis.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta.
Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase Intention on Indonesia Male’s Skin Care by Social Media Marketing Effect Towards Brand Image and Brand Trust. Management Science Letters, 10, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023
Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Hendrayati, H. (2022). The Role of Social Media Marketing and Brand Image on Smartphone Purchase Intention. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 185–192. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.9.009
Soefhwan, & Kurniawati. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Product Quality, dan Store Atmosphere terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi pada Coffee Shop di Aceh. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4484–4497. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutariningsih, N. M. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 145–164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p03
Taufik, Y., Sari, A. R., Zakhra, A., Ayesha, I., Siregar, A. P., Kusnadi, I. H., & Tannady, H. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5234–5240.
Temaja, G. A., & Yasa, N. N. K. (2019). The Influence of Word of Mouth on Brand Imange and Purchase Intention (A study on the potential customers of Kakiang Garden Cafe Ubud). International Journal of Business Management and Economic Research(IJBMER), 10(1), 1552–1560. www.ijbmer.com
Yuliana, Y., & Kristiana, V. (2021). The Use Social Media for the Continuity of The Covid 19 Pandemic Era Business. Ilomata International Journal of Management (IJJM)51, 2(1), 51–55. https://www.ilomata.org/index.php/ijjm
Zaenati, M., Hidayati, L. L. A., & Kurnia, M. (2022). The Effect of The Brand Image, Advertising and Social Media Marketing on Purchase Decisions. Urecol Journal. Part B: Economics and Business, 2(2), 65–79. https://doi.org/10.53017/ujeb.166