PENGARUH E-WOM DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Perceived Value, yang terdiri dari Emotional Value, Social Value, Performance/Quality, serta Price/Value for Money, terhadap Purchase Intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna platform akomodasi Airbnb di Kota Denpasar, dengan sampel yang mencakup individu yang telah menyelesaikan pendidikan minimal setingkat SMU/K dan memiliki niat untuk membeli layanan akomodasi melalui platform Airbnb. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 132 responden dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif serta Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur berbagai indikator penelitian. Hasil dari penelitian ini mengonfirmasi ketiga hipotesis yang diajukan, yaitu: Perceived Value memberikan pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention; Brand Trust berperan sebagai mediator dalam hubungan antara E-WOM dan Purchase Intention; serta Brand Trust juga dapat memediasi pengaruh Perceived Value terhadap Purchase Intention. Penelitian ini menyoroti pentingnya Brand Trust dalam mempengaruhi Purchase Intention, dengan tiga indikator utama, yaitu Brand Reliability, Brand Characteristic, dan Company Characteristic.