PENGARUH E-WOM DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST

  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana
  • I Gede Nandya Oktora Panasea Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Anak Agung Gita Kharisma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Wayan Putra Aditya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Perceived Value, yang terdiri dari Emotional ValueSocial ValuePerformance/Quality, serta Price/Value for Money, terhadap Purchase Intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna platform akomodasi Airbnb di Kota Denpasar, dengan sampel yang mencakup individu yang telah menyelesaikan pendidikan minimal setingkat SMU/K dan memiliki niat untuk membeli layanan akomodasi melalui platform Airbnb. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 132 responden dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif serta Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur berbagai indikator penelitian. Hasil dari penelitian ini mengonfirmasi ketiga hipotesis yang diajukan, yaitu: Perceived Value memberikan pengaruh signifikan terhadap Purchase IntentionBrand Trust berperan sebagai mediator dalam hubungan antara E-WOM dan Purchase Intention; serta Brand Trust juga dapat memediasi pengaruh Perceived Value terhadap Purchase Intention. Penelitian ini menyoroti pentingnya Brand Trust dalam mempengaruhi Purchase Intention, dengan tiga indikator utama, yaitu Brand ReliabilityBrand Characteristic, dan Company Characteristic.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-31
How to Cite
RESPATI, Ni Nyoman Rsi et al. PENGARUH E-WOM DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 2558-2573, dec. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/112495>. Date accessed: 07 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i12.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)