BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR HONDA ADV

  • I Gede Agus Riyan Kameswara Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana

Abstract

Permintaan akan kendaraan jenis motor selalu meningkat, sehingga menyebabkan produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk menawarkan produk sepeda motor yang dimiliki, khususnya pada sepeda motor matic. Salah satu brand motor yang ikut berkompetisi untuk mengeluarkan produk sepeda motor matic adalah Honda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh E-WOM terhadap brand image dan niat beli, serta menjelaskan pengaruh brand image terhadap niat beli dan peran brand image dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli motor Honda ADV. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh calon konsumen produk motor Honda ADV di Kabupaten Tabanan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan niat beli, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, Brand image dapat memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli pada motor Honda ADV secara positif dan signifikan. Hal ini berarti semakin meningkat E-WOM positif diantara konsumen, maka niat pembelian akan semakin tinggi, dengan adanya brand image sebagai mediator dapat memberikan dorongan terhadap konsumen untuk lebih memperkuat keputusan pembelian. Kata Kunci: E-WOM, Brand Image, Niat Beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-19
How to Cite
KAMESWARA, I Gede Agus Riyan; RESPATI, Ni Nyoman Rsi. BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR HONDA ADV. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 1009 - 1028, may 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/76986>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i05.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)