PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI KUALITAS LAYANAN DAN BRAND TRUST TERHADAP NIAT BELI ULANG

  • I Made Bayu Suta Brahmanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana

Abstract

Pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen akan menyebabkan ketidakpuasan konsumen yang berdampak terhadap minat membeli konsumen, oleh karena itu perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk terus diminati oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peran kepuasan konsumen memediasi kualitas layanan dan brand trust terhadap niat beli ulang di Nitra Jaya Busana. Jumlah sampel yang digunakan adalah 160 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisis menggunakan teknik path alaysis (analisis jalur). Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap niat beli ulang. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh brand trust terhadap niat beli ulang. Implikasi dari penelitian ini Nitra Jaya Busana dapat terus melakukan update informasi terbaru mengenai produk yang akan dipasarkan, sehingga memudahkan konsumen dan akan meningkatkan niat beli ulang konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditi, B. (2017). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Di Kota Medan. JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31227/osf.io/ahxju
Alamsyah, R. A. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online. Manajemen Bisnis, 6(2), 158–164. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i2.5542
Anggraini, N. P. N., Jodi, I. W. G. A. S., & Putra, D. P. (2020). The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention. Journal of International Conference Proceedings, 3(2), 50–58. https://doi.org/10.32535/jicp.v0i0.904
Bellyanti, L. A., & Rahyuda, K. (2019). Role of Customer Satisfaction Mediated Relationship Between Service Quality and Price Fairness on Repurchase Intentions. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 48(5), 48–59.
Bhandari, M., & Rodgers, S. (2018). What Does the Brand Say? Effects of Brand Feedback to Negative Ewom on Brand Trust and Purchase Intentions. International Journal of Advertising, 37(1), 125–141. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1349030
Cahyati, N. K., & Seminari, N. K. (2020). The Role of Customer Satisfaction in Mediating the Effect of Service Quality and Marketing Experience on Repurchase Intention (Study in PT Pos Indonesia Expedition Services). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(2), 128–135.
Dai, W., & Lee, J.-H. (2018). Effects of Website Characteristics and Delivery Service Quality on Repurchase Intention. Journal of Industrial Distribution & Business, 9(5), 17–24. https://doi.org/10.13106/ijidb.2018.vol9.no5.17
Dewi, R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2722–2752. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p05
Dharmayana, I. M. A., & Rahanatha, G. B. (2017). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 253933.
Dian, R., & Rusfian, E. Z. (2013). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Online Shop Gasoo Galore). Jurnal Administrasi Niaga, 1(2), 8–16.
Diputra, I. G. N. A. W. M., & Yasa, N. N. K. (2021). The Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(01), 25–34.
Dirayani, A. M. D., & Mandala, K. (2022). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Kober Mie Setan. E-Jurnal Manajemen, 11(9), 1594–1613.
Dwipayana, B., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Pada Go-Food di FEB Unud. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5197–5229. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p01
Dzaki, A. L., & Zuliestiana, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna Situs E-Commerce Jd.Id. E-Proceeding of Management, 9(2), 125–139.
Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research. European Business Review.
Hidayat, D., Bismo, A., & Basri, A. R. (2020). The Effect of Food Quality and Service Quality Towards Customer Satisfaction and Repurchase Intention (Case Study of Hot Plate Restaurants). Manajemen Bisnis, 10(1), 1. https://doi.org/10.22219/jmb.v10i1.11913
Hidayati, A. N., Isabela, B. A., Yuwananda, Y. S., & Gunadi, W. (2021). The Effect of Nostalgia Emotion to Brand Trust and Brand Attachment towards Repurchase Intention. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 4492–4503. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1836
Hutami, N. D., Priyatama, A. N., & Satwika, P. A. (2020). Kepuasan Konsumen dan Intensi Pembelian Ulang Produk Kue Artis pada Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(1), 73–84. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art6
Indiarti, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. In Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (Vol. 2507, Issue 1).
Irmawati, Saroh, S., & Nikin, R. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan. Jurusan Administrasi Bisnis, 10(1), 127–131.
Ishmael, & Dei, R. (2018). Effects of Service Quality and Customer Satisfaction on Repurchase Intention in Restaurants on University of Cape Coast Campus. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.5281/zenodo.1247542
Khairunissa, S., & Farida, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan (Studi Pada BPR Catur Artha Jaya Di Kudus). Jurnal Administrasi Bisnis, X(I), 829–836.
Kurniati. (2016). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(1), 45–52.
Maf’idayu, N., & Vania, A. (2022). Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention di Mediasi Oleh Customer Satisfaction. Revitalisasi Jurnal Ilmu Manajemen, 11(8), 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021
Mawey, T. C., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.
Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6658. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p14
Pamenang, W., & Harry, S. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Words Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(3), 206–211.
Phuong, N. N. D., & Trang, T. T. D. (2018). Repurchase Intention: The Effect of Service Quality, System Quality, Information Quality, and Customer Satisfaction as Mediating Role: A PLS Approach of M-Commerce Ride Hailing Service in Vietnam. Marketing and Branding Research, 5, 78–91.
Prianka, F. H. M., & Dermawan, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 3(4), 2266–2274.
Priliandani, M. S., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan merek dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas (Studi Pada Konsumen Mie Lemonilo di Semarang). Jmbi Unsrat, 9(2), 463–476.
Pujiah, I. A., & Fatmawati, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Yang Gagal Terhadap Respon Perilaku Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i1.2408
Putri, K. T. K., & Sukawati, T. G. R. (2020). The Role of Trust Mediates the Effect of Customer satisfaction on Repurchase Intention (Study on Consumer Chatime) in Denpasar City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(8), 412–418.
Rafidah, & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 3(2), 57. https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i2.535
Rahayu, D. D. (2018). The Influence of Experiential Marketing and Brand Trust on Customer Satisfaction and Customer Loyalty Hotel Aryaduta Pekanbaru. Proceeding of International Conference on Technology,Education, and Social Science, 2, 233–243.
Rinaldi, A., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14.
Saputri, O. B., & Huda, N. (2020). Pengaruh Informasi Covid-19 Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumen. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 190–215.
Sari, A., Ambarwati, D. A. S., & Ramelan, M. R. (2020). The Mediation Relationship of Customer Satisfaction between Service Quality and Repurchase Intention on E-Commerce in Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 13(1), 137–150. https://doi.org/10.25105/jmpj.v13i1.6102
Sari, D. A. T., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Role of Consumer Satisfaction in Mediating Effect of Product Quality on Repurchase Intention. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(1), 217–226. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n1.839
Suarjaya Putra, G. F., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Nilai PelangganTerhadap Kepuasan Pelanggan Di Bank Perkreditan Rakyat Lestari Bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 8–15.
Susanti, D. N. (2020). Pengaruh Green Perceived Value terhadap Repurchase Intention dengan Kepuasan Konsumen sebagai Intervening. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 131–137. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.298
Tamama, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2021). e-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN “Analisis Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sarijan Coffee 2” Oleh.
Tandon, U., Kiran, R., & Sah, A. N. (2017). Customer Satisfaction as Mediator Between Website Service Quality and Repurchase Intention: An Emerging Economy Case. Service Science, 9(2), 106–120. https://doi.org/10.1287/serv.2016.0159
Tian, H., Siddik, A. B., & Masukujjaman, M. (2022). Factors Affecting the Repurchase Intention of Organic Tea among Millennial Consumers: An Empirical Study. Behavioral Sciences, 12(2), 1–19. https://doi.org/10.3390/bs12020050
Widyanita, N. W. A., & Rahanatha, G. B. (2022). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Pakaian Merek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(7), 1277–1296.
Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ekonomi Islam. Maliyah, 01(01), 22–39.
Wijaya, H. R., & Astuti, S. R. T. (2018). The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3182
Zhafira, A. N. (2021). Kemenparekraf Optimistis Industri Fesyen Modest Kian Bertumbuh. Antaranews.Com.
Published
2024-05-31
How to Cite
BRAHMANDA, I Made Bayu Suta; RESPATI, Ni Nyoman Rsi. PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI KUALITAS LAYANAN DAN BRAND TRUST TERHADAP NIAT BELI ULANG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 5, p. 845 - 869, may 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/107142>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i05.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)