Penerapan Metode Kano Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan Di Rumah Makan Baksoka

Main Article Content

Alexander Sitanggang Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha I Ketut Satriawan

Abstract

Improving the quality of products and services is a major factor in increasing customer satisfaction. To be able to survive in competition with other restaurants, the Baksoka restaurant needs to improve the quality of its products and services. The purpose of this study is to apply the attributes of the Kano method which can affect the quality of the products and services provided by the Baksoka restaurant. This research was conducted by distributing 93 questionnaires to the customers of Baksoka restaurant. This research involved 13 attributes of product quality and 17 attributes of service quality. Data in this study was analyzed by using the Kano method, in which the attributes of product quality and service quality were calculated using the IBT and IWT formulas. For the product quality, the attribute of durability and high quality packaging got a value close to 1 (better), and the attribute of timely in completing the product got a value close to -1 (worse). For the service quality, the attribute of waiter is able to answer customer questions about available products got a value close to 1 (better), and the attribute of presentation and fast service got a value close to -1.


Keywords : restaurant, product quality, service quality, customer satisfaction, Kano.


Peningkatan kualitas produk dan layanan merupakan faktor utama dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan dengan rumah makan lain, pihak rumah makan Baksoka perlu melakukan peningkatan kualitas produk dan layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menenerapkan atribut-atribut metode kano yang dapat mempengaruhi kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh rumah makan Baksoka. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 93 kuesioner kepada konsumen rumah makan Baksoka. Penelitian ini menggunakan 13 atribut kualitas produk dan 17 atribut kualitas layanan. Data pada penelitian ini diolah menggunakan metode kano, dimana analisis atribut kualitas produk dan kualitas pelayanan menggunakan rumus IBT dan IWT. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kualitas produk, dimana atribut daya tahan kemasan berkualitas tinggi mendapat nilai yang mendekati angka 1 (baik), dan atribut tepat waktu dalam menyelesaikan produk mendapat nilai yang mendekati angka -1 (jelek). Untuk kualitas pelayanan, atribut pelayan mampu menjawab pertanyaan pelanggan mengenai produk yang tersedia mendapat nilai yang mendekati nilai 1 (baik), dan atribut penyajian dan pelayanan yang cepat mendapat nilai yang mendekati angka -1 (jelek).


Kata kunci : rumah makan, kualitas produk, kualitas layanan, kepuasan konsumen, Kano.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SITANGGANG, Alexander; WIRANATHA, Anak Agung Putu Agung Suryawan; SATRIAWAN, I Ketut. Penerapan Metode Kano Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan Di Rumah Makan Baksoka. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 505-515, dec. 2023. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/103879>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2023.v11.i04.p03.
Section
Articles

References

Alfian, R., dan Putra. A. M. P. 2017. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner medication adherence resport scale (mars) terhadap pasien diabetes melitus. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2(2), 176-183.
Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik jumlah rumah makan/restorant di Bali 2021. https://pusatdata.denpasarkota.go.id/?page=DataDetail&language=id&domian=&data_id=1664929704. Diakses 6 juli 2021
Permana, M. V. 2013. Peningkatan kepuasan pelanggan melalui kualitas produk dan kualitas layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115-131. https://doi.org/10.15294/JDM.V4I2.2756.
Iswari, I. A. I. M., Wiranatha, A. S., dan Satriawan, I. K. 2015. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan jasa dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (Studi kasus di restoran warung Subak, Peguyangan Denpasar). Jurnal Rekayas dan Manajemen Agroindustri, 3(3), 61-60.
Kanedi, I., Utami, F. H., dan Zulita, L. N. 2017. Sistem pelayanan untuk peningkatam kepuasan pengunjung pada perpustakaan arsip dan dokumentasi Kota Bengkulu. Jurnal Pseudocode, 4(1), 2355-5920. https://doi.org/10.33369/PSEUDOCODE.4.1.37-46.
Surya, I., Wiranatha, A. S., dan Yoga, I. W. G. S. 2020. Analisis kualitas layanan kepada konsumen di Nocturnal Coffee Bali dengan menggunakan metode model Kano. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 8(4), 551-561. https://doi.org/10.24843/JRMA.2020.v08.i04.p08.
Tarigan, E. S. B. T., Satriawan, I. K., dan Wiranatha, A. A. P. A. S. 2021. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan pada Rumah Makan Ayam Geprek Greget. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 9(3), 383-393. https://doi.org/10.24843/JRMA.2021.v09.i03.p11.
Rahman, A., dan Supomo, H. 2012. Analisa kepuasan pelanggan pada pekerjaan reparasi kapal dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik ITS, 1(1), 2301-9271. https://doi.org/10.12962/J23373539.V1I1.309.
Umam, R. K., dan Hariastuti, N. P. 2018. Analisa kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Improtance Analysis (IPA). Jurnal ITATS.
Nofirza dan Indrayani, K. 2011. Aplikasi metode kano dalam analisis indikator kualitas pelayanan di Rumah Sakit Arifim Ahmad Pekanbaru. Jurnal Sains Teknologi dan Industri, 9(1). https://doi.org/10.24014/SITEKIN.V9I1.600.
Sugiono., Noerdjanah., dan Wahyu, A. 2020. Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. jurnal Keterapian Fisik, 5(1) ,1-61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Hutabri, E. 2015. Penerapan metode Kano dalam analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan system informasi akademik berbasis web. Jurnal Edik Informatika, 1(2), 55-63. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1425
Widiawan. 2004. Pemetaan referensi konsumen supermarket dengan metode Kano berdasarkan dimensi Serqual. Jurnal Teknik Industri, 6(1). 37-46.
Trisna., Irwansyah, D., Saptari, M, A., dan Masiyaroh. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swalayan Dengan Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano. Industrial Engineering Journal. 8(1), 16-21. https://doi.org/10.53912/iejm.v8i1.376

Most read articles by the same author(s)