Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Tigapagi Coffee & Space di Kabupaten Banyuwangi

Main Article Content

Ahmad Ali Akbar Ustadi Sadali Nyoman Semadi Antara I Ketut Satriawan

Abstract

The development of information technology has made many companies today take advantage of social media to market their products. The best customer service and Instagram-worthy facilities will draw customers. The objective of study were to ascertain the impact of service quality on the degree of customer satisfaction at Tigapagi Coffee & Space Banyuwangi Regency which was the primary goal of this study, understanding the impact of Instagram usage on customer satisfaction which was research done by Tigapagi Coffee & Space Banyuwangi Regency, and establishing the qualities that require to develop and rank them based on the priority. In this study, 89 purposely chosen respondents were given questionnaires to complete, and the Importance Performance Analysis (IPA) approach was utilized to evaluate the level of consumer satisfaction. The service quality feature with the highest level of satisfaction was modern equipment, scoring 103.13%, while the lowest was toilet cleanliness, scoring 96.29%. The quality of service should be prioritized based on the following factors: toilet cleanliness, accurate orders, order delivery time, good communication skills, handling, and visual suitability of the product. The attribute with the highest level of satisfaction with the quality of using Instagram Social Media was performance of the product, with a satisfaction level of 104.71%. The attribute with the lowest level of satisfaction was Price Match with the product quality, with a satisfaction level of 96.77%. Popularity of the content, Profitable campaign offerings, Content Relevance, Product Flavor Variants, and Affordability of Prices were the attributes that must be given top priority for quality Instagram Social Media Usage.


Keywords: Customer satisfaction, Service Quality, Importance Performance Analysis, Instagram Social Media


Perkembangan teknologi informasi membuat banyak perusahaan dewasa ini memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Pelayanan maksimal dengan fasilitas yang instagrameble akan menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Tigapagi Coffee & Space Kabupaten Banyuwangi. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap kepuasan konsumen yang dilakukan oleh Tigapagi Coffee & space Kabupaten Banyuwangi. (3) Menghitung atribut-atribut yang perlu diprioritaskan untuk perbaikan. Metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 89 responden terpilih dan menghitungnya menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan atribut dengan kepuasan tertinggi adalah peralatan modern dengan tingkat kepuasan kualitas 103,13%, atribut dengan tingkat kepuasan terendah adalah kebersihan toilet dengan skor 96,29%. Atribut dengan tingkat kepuasan tertinggi terhadap kualitas penggunaan media sosial instagram adalah kesesuaian visual produk dengan tingkat kepuasan 104,71%, atribut dengan tingkat kepuasan terendah adalah kesesuaian harga dengan kualitas produk dengan tingkat kepuasan 96,77%, atribut yang harus diprioritaskan pada kualitas pelayanan adalah kebersihan toilet, ketepatan pesanan, waktu pengiriman pesanan, keterampilan komunikasi yang baik, penanganan keluhan, kesediaan karyawan dalam menanggapi keluhan, kemampuan melayani keluhan, menyapa konsumen, dan dekati pelayan setia. Atribut yang harus diprioritaskan untuk kualitas penggunaan media sosial instagram adalah popularitas konten, penawaran kampanye yang menguntungkan, relevansi konten, varian rasa produk, dan harga terjangkau.


Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis, Kualitas .Layanan, Media Sosial Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SADALI, Ahmad Ali Akbar Ustadi; ANTARA, Nyoman Semadi; SATRIAWAN, I Ketut. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Tigapagi Coffee & Space di Kabupaten Banyuwangi. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 197-207, june 2023. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/95198>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2023.v11.i02.p03.
Section
Articles

References

Anggraini, Lulu Dian. 2014. Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index. Jurnal Industri. 4(2):74-81.
Budiarti, R. 2004. Evaluasi Kinerja Bisnis Dengan Pendekatan Konsep Balanced Scorecard Pada PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Fathurahman, Pupuh. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Di Legend Coffe Games & Cafe, Malang). Tidak dipublikasikan. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang
Fitria., E.D.B. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Mahasiswa Menggunakan Modified Importance Performance Analysis. Jurnal Ilmiah Informatika. 8(2):120-124
Gisjmar, R.F. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Modified Importance Performance Analysis. Tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Hakim, S., E.S, F.N. dan S.H. 2021. Analisis Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Atribut Teh Pucuk Harum Siap Minum Di Universitas Lampung. Jurnal Agro Industri Berkelanjutan. 1(1):53-60
Jesslyn, S.W. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia. 5(2):135-141.
Makhin, Ahmad. 2016. Pengaruh Akun Instagram Javafoodie Terhadap Minat Konsumen Di Studio Kopi (Analisis Regresi Sederhana Terhadap Pengunjung Studio Kopi Di Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Mardhatilla, J. 2019. Pengaruh konten instagram Senemu Coffee terhadap minat beli followers-nya di Kafe Senemu 2.1. Tidak dipublikasikan. Ilmu Komunikasi, FISIP, UNIKOM.
Mega, B. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Tidak dipublikasikan. Universitas diponegoro, Semarang.
Nurikhsan, F., W.S.I, D.S. 2019. Fenomena Coffee Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika. 9(2):137-144
Nusaputra, N., M.C dan L.T.W.N.K. Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Bengkel Dengan Metode Servqual, Ipa, Dan Indeks PGCV (Studi Kasus di PT. Astra International Tbk-Daihatsu Branch Office Malang). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri. 2(6):1239-1250
Priyatno, D. 2018. SPSS panduan mudah olah data bagi mahasiswa & umum. ANDI, Yogyakarta.
Santoso, R. 2012. Pengaruh media sosial terhadap customer retention (studi kasus pada j.co). Tidak dipublikasikan. Universitas Indonesia, Jakarta.
Sugiyono. 2008. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tupan, J.M., V.O.L. 2018. Desain Model Penanganan Keluhan Konsumen Produk Indihome Di Kota Ambon (Studi Kasus: Pt. Telkom Tbk. Wilayah Maluku). Archipelago Engineering. 24:183-189
Widodo. 2017. Metodelogi Penelitian Populer & Praktis. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Most read articles by the same author(s)