Total Eritrosit, Kadar Hemoglobin, dan Nilai Packed Cell Volume Broiler Setelah Penambahan Acidifier Asam Organik dan Anorganik dalam Pakan

  • Febyana Sidabutar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Komang Ardana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Suada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penggunaan asam organik sebagai pengganti antibiotik sangat efektif.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efek pemberian kombinasi asam organik dan anorganik terhadap total eritrosit, kadar hemoglobin dan nilai hematokrit broiler.  Perlakuan yang diberikan adalah P0 adalah broiler yang mendapat pakan tanpa kombinasi asam organik dan anorganik, P1 adalah broiler yang diberi pakan ditambah asam organik dan anorganik 1 g/kg pakan, P2 adalah broiler yang diberi pakan ditambah asam organik dan anorganik 2 g/kg pakan dan P3 adalah broiler yang diberi pakan ditambah asam organik dan anorganik 3 g/kg pakan.  Hasil pengamatan dianalisis menggunakan hematology analyser, pemeriksaan sampel dilakukan di Balai Besar Veteriner Denpasar.  Sampel yang digunakan adalah sampel darah dari 24 ekor broiler yang diberi perlakuan berbeda.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL).  Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji sidik ragamPada penelitian ini didapatkan hasil bahwa penambahan kombinasi asam organik dan anorganik asam organik dan anorganik tidak berpengaruh nyata terhadap total eritrosit, kadar hemoglobin, dan nilai packed cell volume atau hematokrit (P>0,05). Dapat disimpulkan bahwa pemberian asam organik dan anorganik tidak memengaruhi (mempertahankan) total eritrosit, kadar hemoglobin, dan nilai packed cell volume broiler.  Dapat disimpulkan bahwa pemberian tidak memengaruhi (mempertahankan) total eritrosit, kadar hemoglobin, dan nilai packed cell volume broiler.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Komang Ardana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Diagnosis Klinik, Patologi Klinik, dan Radiologi Veteriner

I Ketut Suada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Epidemiologi Veteriner

Published
2022-03-31
How to Cite
SIDABUTAR, Febyana; ARDANA, Ida Bagus Komang; SUADA, I Ketut. Total Eritrosit, Kadar Hemoglobin, dan Nilai Packed Cell Volume Broiler Setelah Penambahan Acidifier Asam Organik dan Anorganik dalam Pakan. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 187-196, mar. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/72751>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.2.187.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>