Deteksi Antibodi terhadap Cysticercus Cellulosae pada Babi Lokal yang Dipotong di Tempat Pemotongan Babi Panjer, Denpasar

  • Ida Bagus Ngurah Swacita Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Suada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Purnama Layli Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Sistiserkosis merupakan penyakit yang bersifat zoonosis yang disebabkan oleh larva cacing pita Taenia solium yang disebut Cysticercus cellulosae. Di Indonesia terdapat tiga provinsi yang berstatus endemik penyakit sistiserkosis, salah satunya adalah provinsi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi antibodi terhadap C. cellulosae pada babi lokal yang dipotong di tempat pemotongan babi Panjer, Denpasar. Sampel penelitian adalah 270 sampel serum babi lokal yang dipotong di tempat pemotongan babi Panjer, Denpasar Selatan. Babi lokal ini berasal dari Nusa Penida, Karangasem dan Negara. Sampel serum diuji dengan metode ELISA (Enzyme Linked Immunosorbent Assay) indirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antibodi C. cellulosae terdeteksi pada 33 sampel. Disimpulkan bahwa terdeteksi antibodi C. cellulosae pada 33 sampel dari 270 sampel serum babi lokal yang dipotong di tempat pemotongan babi Panjer, Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Ngurah Swacita, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner
I Ketut Suada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner
Purnama Layli, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Published
2016-03-25
How to Cite
SWACITA, Ida Bagus Ngurah; SUADA, I Ketut; LAYLI, Purnama. Deteksi Antibodi terhadap Cysticercus Cellulosae pada Babi Lokal yang Dipotong di Tempat Pemotongan Babi Panjer, Denpasar. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/22889>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles

Keywords

Antibodi, C. cellulosae, babi lokal, TPB Panjer Denpasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>