Instruction to Author

How To Register

  1. Author should register through the following address:  https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/user/register
  2. Author should fulfill the form. After all the form was filled, click on "Register" to process the registration.
  3. Please click on "Login", then "Make a Submission", and then "Make a new submission".
  4. These are the five-step submission process:
  • Step 1. Starting the Submission On the Journal Section, select the appropriate section of journal, i.e. Articles. Author has to check-mark on the submission checklists. Author is able to give brief information to Editor about the submitted manuscript on the Comment form.  Please click on the "Save and continue" button to go to the further step.
  • Step 2. Uploading the Submission
    To upload manuscript to this journal, author should Select article component and then click Upload file to find the manuscript file on the hard drive. Choose the file and click Continue button.
  • Step 3. Uploading Supplementary Files
    The supplementary file should be uploaded is form A, consisting of Statement of Originality and Copyright Release Form. Therefore, click on Upload File, choose the file, click on Continue button, and click on Save and continue.
  • Step 4. Entering the Submission's Metadata.
    Author should enter metadata of all authors engaged in the writing process. The information of manuscript title, abstract, and keywords must be filled in the textbox.
  • Step 5. Confirming the Submission
    Author has to check that all documents are complete. To submit the manuscript to Indonesia Medicus Veterinus, click Finish Submission button. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission's progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.

Author is able to trace the submission manuscript status including manuscript review and editorial   process by logging in to the journal web.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQs)

For Indonesian Author:

  1. Apakah Indonesia Medicus Veterinus (IMV) memiliki narahubung untuk mendapatkan informasi?
  • Ya, kami memiliki narahubung melalui melalui Official Account (OA) Aplikasi Line, @vjn4809d (dengan “@”) dengan jam operasional: Senin-Jumat pukul 00 – 20.00 WITA

 

  1. Bagaimana proses memasukan/pendaftaran artikel ilmiah saya ke IMV?
    1. Mendaftar/registrasi akun IMV di website IMV (http://ojs.unud.ac.id/index.php/imv)
    2. Penulis menupload submission dan artikel ke website IMV (http://ojs.unud.ac.id/index.php/imv)
  2. Penulis meminta form, surat pengantar, dan form A melalui email sekre.imvunud@gmail.com dengan mengirim nama-nama dosen yang menjadi reviewer artikel dan menghubungi reviewer dari pihak IMV, Dr. drh. I Wayan Batan, M.Si. Review, yang dapat diminta dengan menemui beliau langsung atau melalui e-mail bobbatan@yahoo.com
  3. Admin IMV akan menghubungi reviewer via online (http://ojs.unud.ac.id/index.php/imv) untuk meriview artikel penulis.
  • Penulis menghubungi sendiri reviewer (diutamakan penguji/dosen bidang ilmu sesuai dengan judul artikel/ rekomendasi dari pembimbing) sebanyak 2 orang untuk mengisi form A yang akan dikirimkan ke email IMV (sekre.imvunud@gmail.com) sebagai administrasi pembuatan SK/ Letter of Acceptance (LoA).
  1. Setelah artikel fix, lakukan pembayaran melalui BPD Bali dengan nomer rekening 0340202178679 a.n Indonesia Medicus Veterinus dan mengirimkan bukti pembayaran kepada Yeyen Surbakti (@yeyensurbakti/LINE) untuk meminta kwitansi
  2. Setelah membayar dan mendapat kwitansi dari Bendahara, administrasi dapat dikumpul ke e- mail IMV (imv.unud@gmail.com) dengan format subject [IMV_Edisi Jurnal_Nama Penulis Pertama_Judul Jurnal]
  3. Berkas yang dikirim ke e-mail IMV berupa:
    1. Form A yg sudah diisi oleh penulis dan dosen pembimbing (discan dan dlm format pdf)
    2. Artikel hasil review (yg dicoret/perlu diperbaiki dalam format pdf)
    3. Artikel fix yg sudah diedit dikumpul dalam format document/word
    4. Kwitansi pembayaran dari Bendahara IMV
  • Setelah pengumpulan dan pembayaran, artikel akan dilakukan screening dan jika sudah layak baru dapat diproses oleh copyeditor (durasi sekitar 1-2 minggu). Artikel yang masih belum memenuhi syarat IMV dapat dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dalam waktu yang telah ditentukan oleh pihak
  • Jika penulis tidak mengembalikan artikel sesuai deadline yang diberikan, maka artikel tidak akan di terbitkan di IMV.
  1. Penerbitan artikel dapat selalu dipantau melalui website IMV
  2. Permintaan Surat Keterangan (SK) Publikasi/ Letter of Acceptance (LoA) dapat diminta setelah 1 minggu pascapengumpulan artikel (tanpa ada pengembalian artikel) atau setelah proses screening telah diselesaikan (jika ada proses pengembalian artikel kepada penulis) oleh pihak IMV melalui OA

*NB: Penerbitan dilakukan jika proses pengumpulan artikel, distribusi copyeditor, layouter, publikasi telah selesai dilakukan tanpa ada hambatan baik dari pihak IMV maupun penulis.