Kualitas Daging Babi yang Diistirahatkan Sebelum Disembelih Lebih Baik dalam Konsistensi, Warna, pH, Daya Ikat Air dan Kadar Air

  • I Gede Arya Mas Sosiawan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Kadek Karang Agustina Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Suada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas daging babi yang diistirahatkan dan tidak diistirahatkan sebelum disembelih.  Parameter yang digunakan untuk menentukan perbandingan kualitas daging meliputi uji warna, uji bau, uji konsistensi dan tekstur, uji penetapan pH, uji daya ikat air dan uji kadar air.  Penelitian ini mengambil daging babi di bagian paha belakang (muskulus biceps femoris), seberat ±100 g.  Sebanyak 40 sampel daging diambil dari RPH Pesanggaran dan Tempat Pemotongan Hewan Rumahan di Br. Taman, Darmasaba.  Sampel daging babi diuji secara subjektif terhadap warna, bau, konsistensi dan tekstur menggunakan 10 orang panelis yang telah memenuhi syarat dan di uji secara objektif terhadap pH, daya Ikat air dan kadar air.  Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan uji statistik non parametric (uji Mann Whitney) di SPSS versi 25.0.  Hasil penelitian perbedaan kualitas daging babi yang diistirahatkan dan tidak diistirahatkan sebelum disembelih didapatkan bahwa warna, pH, DIA, dan kadar air berbeda sangat nyata dan konsistensi berbeda nyata, sedangkan untuk tekstur dan bau tidak berbeda nyata.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kualitas daging babi yang diistirahatkan sebelum disembelih lebih baik dari yang tidak diistirahatkan sebelum disembelih.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kadek Karang Agustina, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi Veteriner

I Ketut Suada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi Veteriner

Published
2021-07-31
How to Cite
SOSIAWAN, I Gede Arya Mas; AGUSTINA, Kadek Karang; SUADA, I Ketut. Kualitas Daging Babi yang Diistirahatkan Sebelum Disembelih Lebih Baik dalam Konsistensi, Warna, pH, Daya Ikat Air dan Kadar Air. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 589-598, july 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/71844>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.4.589.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)