Verbal And Visual Signs In Shampoo And Conditioner Vivepro Loreal Paris Advertisement
Abstract
Judul dari jurnal ini adalah “ Tanda Kalimat dan Tanda Gambar pada Iklan Kosmetik”. Media cetak merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. Iklan pada media cetak merupakan bagian dari komunikasi yang akan menarik perhatian pembacanya untuk membeli atau memberi respon terhadap barang atau produk yang di promosikan. Pada suatu iklan pada umumnya terdapat dua tanda yang mempunyai peranan penting dalam menjelaskan sebuah produk. Tanda tersebut antara lain tanda kalimat dan tanda gambar.Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda kalimat dan tanda gambar yang terdapat pada iklan Shampoo and Coditioner VivePro Loreal Paris. Dalam menganalisis iklan tersebut , jurnal ini menggunakan metode dokumentasi pada pengumpulan data dan metode kualitatif pada penganalisisan data. Dalam menganalisis pokok permasalahan menggunakan teori tanda kalimat dan tanda gambar yang dikemukakan oleh Dyer. Selain itu teori yang dikemukakan oleh Leech tentang kompenen media cetak yang terdiri dari headline / kepala berita, illustration/ gambar, body copy/ list berita, signature line/ cap dagang, dan standing details / informasi juga digunakan dalam menganalisis tanda kalimat dan tanda gambar pada iklan Shampoo and Conditioner VivePro Loreal Paris. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa tanda kalimat dan tanda gambar terdapat pada iklan Shampoo and Conditioner Vive Pro Loreal Paris. Tanda kalimat terdapat pada beberapa komponen media cetak, seperti pada kepala berita, isi berita, cap dagang, dan informasi. Selain itu, ilustrasi / gambar sebagai tanda gambar terlihat dengan gambar produk yang ditawarkan dengan warna dan aktris untuk memberikan pesan dan menarik perhatian pembaca.