Analysis of Women's and Men's Language in Customer's Conversation at Warung Santai

  • Indri Novita Sari Udayana University
  • Ida Ayu Made Puspani Udayana University
  • I Wayan Mulyawan Udayana University

Abstract

Skripsi dengan judul "Analysis of Women's and Men's Language in Customers Conversation at Warung Santai" bertujuan untuk mengidentifikasi ciri linguistik dari wanita dan pria serta untuk fokus mencari tahu fungsi ciri linguistik wanita dalam percakapanya dengan pelanggan di Warung Santai. Lingkup skripsi ini hanya untuk menganalisis ciri bahasa antara wanita dan pria dalam percakapan antara pelanggan di Warung Santai. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah The Features of Women Language yang  oleh Lakoff pada tahun 1975, The Features of Men's Language oleh Coates pada tahun 2003. Teori lain yang digunakan yaitu The Linguistic Function of Women's Language oleh Lakoff serta The Theory of Miscommunication between Women and Men oleh Coates pada tahun 1986. Hasil analisis menunjukan ciri linguistik wanita yang terdapat dalam percakapan pelanggan di Warung Santai sebagai berikut: penggunaan  tanda tanya, pertanyaan intonasi dalam pernyataan deklaratif, permintaan maaf, penerimaan kata sifat, batas leksikal, dan kurangnya selera humor. Ciri linguistik pria yang terdapat di percakapan pelanggan yaitu: penggunaan topic stereotip maskulin, hanya lelaki, perhatian yang baik secara detail, satu dari percakapan pelanggan tersebut ditemukan menggunakan “theory of miscommunication between women and men”, maksudnya topik yang dibicarakan melompat dari satu topik ke topik lainnya. Yang terakhir mengenai analisis fungsi ciri linguistik wanita yang terdapat dalam beberapa percakapan pelanggan antara lain: fungsi dari batas leksikal, tanda tanya, intonasi tinggi, bentuk paling sopan, kata sifat, penekanan yang tegas, dan yang terakhir adalah fungsi dari penggunaan kata umpatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-03
How to Cite
NOVITA SARI, Indri; MADE PUSPANI, Ida Ayu; MULYAWAN, I Wayan. Analysis of Women's and Men's Language in Customer's Conversation at Warung Santai. Humanis, [S.l.], p. 140-146, oct. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/34247>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>