The Analysis Of Verbal And Visual Sign Of Adidas Advertisement

  • I Putu Adi Sena Udayana University
  • I Made Netra Udayana University
  • I Wayan Mulyawan Udayana University

Abstract

Penelitian laporan akhir ini yang berjudul "The Analysis of Verbal And Visual Sign of Adidas Advertisement", menjelaskan tanda-tanda verbal dan visual dalam iklan. Penelitian ini juga menganalisis tanda-tanda verbal dan visual yang mendukung iklan adidas, dan fungsi dan makna dari tanda-tanda verbal dan visual. Metode yang di gunakan di dalam pengumpulan data adalah metode purposive sampling dan data yang sudah terkumpul di analisis secara kualitatif berdasarkan teori  semiotic. Ada empat teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teori tersebut adalah teori tanda visual dan verbal oleh Dyer (1993), teori makna dan fungsi yang  oleh Leech (1974), teori tanda yang diuraikan oleh Chandler (2001), dan teori warna  oleh Chapman (2010). Data diambil dari iklan adidas yang diterbitkan dalam situs google.com/adidas-advertisement. Iklan Adidas ini memiliki tanda-tanda verbal dan visual yang mendukung satu sama lain yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca atau orang-orang.Tanda-tanda verbal di dalam iklan menggunakan arti afektif untuk menarik minat orang terhadap produk. Fungsi ekspresif digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan sikap pencetusnya. Makna konseptual juga digunakan untuk memberikan informasi dari pesan agar pembaca menangkap pesan dari iklan. Fungsi informasi cenderung menjadi salah satu yang paling penting, yang menyampaikan informasi dari pembicara / penulis/ pendengar / pembaca. Makna konseptual dominan menggunakan informasi dari bahasa. Tanda visual di dalam iklan adalah gambar. Gambar digunakan untuk membuat iklan terlihat keren, mengesankan, dan menarik. Mengenai hasil, makna dan fungsi dari tanda-tanda yang ditemukan dalam iklan, makna dan fungsi dari tanda-tanda dapat dideteksi dari pembuat iklan yang memberitahu informasi tentang adidas, untuk menjual atau mempromosikan produk mereka dan juga untuk menciptakan citra merek serta konsumen mampu memahami makna dari iklan adidas tersebut. Produk adidas dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat konsumen untuk melakukan suatu kegiatan dengan mudah ,bahwa mereka merasa nyaman dan bahagia di setiap situasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-03
How to Cite
ADI SENA, I Putu; NETRA, I Made; MULYAWAN, I Wayan. The Analysis Of Verbal And Visual Sign Of Adidas Advertisement. Humanis, [S.l.], p. 104-111, oct. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33983>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>