Compound Words in BBC News Website

  • Kezia Ariantji Turangan
  • Ida Ayu Made Puspani
  • Ni Luh Putu Krisnawati

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kata Majemuk pada Website Berita BBC”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi jenis-jenis kata majemuk pada Website Berita BBC dan juga menentukan makna dari kata majemuk yang muncul pada Website Berita BBC. Sumber data penelitian ini diambil dari Website Berita BBC, sebuah website yang memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan berita aktual, video, audio, maupun artikel-artikel lainnya. Metoda yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metoda dokumentasi dengan teknik pencatatan. Metoda deskriptif kwalitatif digunakan dalam menganalisa data yang telah terkumpul.

Teori yang digunakan untuk menganalisa data adalah teori kata majemuk oleh Plag (2003) dan Lieber (2009). Makna kata majemuk ditentukan dengan menggunakan teori makna oleh Palmer (1984). Berdasarkan teori kata majemuk oleh Plag (2003), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kata majemuk yang ditemukan pada Webiste Berita BBC, yaitu nominal compound, adjectival compound, verbal compound, dan neoclassical compound. Selain itu, terdapat dua jenis makna yang ditemukan pada analisa data, yaitu makna transparan dan makna opaque

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
TURANGAN, Kezia Ariantji; PUSPANI, Ida Ayu Made; KRISNAWATI, Ni Luh Putu. Compound Words in BBC News Website. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27011>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)