Strategi Coping Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Tengah Pandemi COVID-19

  • Annisa Rachma Sawitri Universitas Udayana
  • Putu Nugrahaeni Widiasavitri Universitas Udayana

Abstract




Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang dalam proses penyusunannya memiliki berbagai tantangan. Munculnya pandemi COVID-19 menambah permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa. Pemberlakuan kebijakan pembatasan kegiatan membuat segala kegiatan dalam proses skripsi dilakukan secara online. Banyaknya permasalahan yang dihadapi mahasiswa saat menyusun skripsi dapat menimbulkan stres. Pentingnya strategi coping yang tepat dalam menghadapi permasalahan saat proses skripsi agar mahasiswa dapat melakukan penyesuaian dengan kondisi stres dan terhindar dari stres yang berkepanjangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping apa saja yang digunakan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di tengah pandemi COVID-19 dan faktor-faktor apa yang memengaruhi pemilihan strategi coping dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Responden pada penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di tengah pandemi COVID-19 dan mengalami kendala atau hambatan pada skripsi dikarenakan pandemi COVID-19. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan metode strategi coping yang dilakukan terdiri dari pengalihan, penyelesaian masalah, dan mencari dukungan sosial. Pemilihan metode strategi coping yang dilakukan dipengaruhi oleh konsep diri, keinginan diri sendiri, lingkungan pertemanan, keluarga, dan waktu. Efek yang ditimbulkan setelah melakukan strategi coping adalah merasakan ketenangan dan mampu kembali fokus dalam mengerjakan skripsi.




Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. (2017). Identifying the Sources of Academic Stress and Coping Strategies in New Nursing Students. Advances in Health Sciences Reasearch, 2, 73–81. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.11
Alert! Pernyataan lengkap jokowi soal 2 orang positif corona. (2020). https://www.cnbcindonesia.com/news/20200302114455-4-141660/alert-pernyataan-lengkap-jokowi-soal-2-orang-positif-corona
Bottos, M. (2019). Meditation as an Intervention to Help College Students Cope with Stress. Valparaiso University.
Cakrawati, H., Suswati, I., Safithri, F., Prabawati, R., K., Lestari, D., Y., Indradi, R., & Setyawan, F., E., B. (2019). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.
Centers for Disease Control and Prevention. (2020). Social distancing. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/social-distancing.html
Damirchi, E. S., Mojarrad, A., Pireinaladin, S., & Grjibovski, A. M. (2020). The Role of Self-Talk in Predicting Death Anxiety, Obsessive-Compulsive Disorder, and Coping Strategies in the Face of Coronavirus Disease (COVID-19). Iranian J Psychiatry, 15(3), 182–188. https://doi.org/10.18502/ijps.v15i3.3810
Fatimah, M. (2019). Efektivitas Teknik Self Talk Untuk Menurunkan Stres Remaja. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Fitts, W. H. (1971). The self concept and self actualization. Dede Wallace Center.
Ganesan, Y., Talwar, P., Fauzan, N., & Oon, Y. B. (2018). A Study on Stress Level and Coping Strategies among Undergraduate Students. Journal of Cognitive Sciences and Human Development, 3(2), 37–47. https://doi.org/10.33736/jcshd.787.2018
Garber, M. C. (2017). Exercise as a stress coping mechanism in a pharmacy student population. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(3), 1–6. https://doi.org/10.5688/ajpe81350
Giyarto. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta dalam mengerjakan skripsi. In Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua. Universitas Gunadarma, Jawa Barat.
Jiang, S., & Ngien, A. (2020). The Effects of Instagram Use, Social Comparison, and Self-Esteem on Social Anxiety: A Survey Study in Singapore. Social Media and Society, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.1177/2056305120912488
Karatsoreos, I. N., & McEwen, B. S. (2011). Psychobiological allostasis: Resis- tance, resilience, and vulnerability. Trends in Cognitive Sciences, 15, 576–584.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan. Retrived May 12, 2020, from https://www.kemkes.go.id/index.php?act=regulation&pgnumber=0&txtKeyword=&type=001,002,007,006,004,003,005,008&year=2020
Kerdijk, C., van der Kamp, J., & Polman, R. (2016). The influence of the social environment context in stress and coping in sport. Frontiers in Psychology, 7(875), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00875
King, L. A. (2011). The science of psychology. McGraw-Hill.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, apraisal, and coping. Springer Publishing Company, Inc.
Lee, M. M., Turetsky, K. M., & Spicer, J. (2017). Cognitive, Social, Physiological, and Neural Mechanisms Underlying Self-affirmation: An Integrative Review.
Li, Y. F., Sun, W. X., Sun, X. J., Sun, J., Yang, D. M., Jia, B. L., & Yuan, B. (2020). Effects of mindfulness meditation on anxiety, depression, stress, and mindfulness in nursing students: A meta-analysis and trial sequential analysis of randomized controlled trials. Frontiers of Nursing, 7(1), 59–69. https://doi.org/10.2478/fon-2020-0001
Lio, S., & Sembiring, K. (2019). Strategi Coping Mahasiswa Tugas Akhir Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.170
Mariyanti, S. (2013). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi Sebagai Efek. Jurnal Psikologi, 11(2), 66–73.
Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping Stres Pada mahasiswa eue yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi, 9(1), 41–47.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013. Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. 24 Desember 2013.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). John wiley & sons, Inc.
Septiani, E. (2013). Hubungan antara tingkat stres dengan gaya humor pada mahasiswa. UIN SGD Bandung.
Sharon-David, H., & Tenenbaum, G. (2017). The Effectiveness of Exercise Interventions on Coping with Stress: Research Synthesis. Studies in Sport Humanities, 22(22), 19–29. https://doi.org/10.5604/01.3001.0012.6520
Sherman, D. K., & Hartson, K. A. (2011). Reconciling self-protection with self-improvement: self-affirmation theory. In The Handbook of Self-Enhancement and Self-Protection (M. Alicke,). Guilford.
Sitepu, J., M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68–83. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1082
Strauss, A., & Corbin, J. (2017). Dasar-dasar penelitian kualitatif: tatalangkah dan teknik-teknik teoritisasi data. Pustaka Pelajar.
Taylor, S. E. (2015). Health psychology. McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ukeh, M. I., & Hassan, A. S. (2018). The Impact of Coping Strategies on Psychological Well-being among Students of Federal University, Lafia, Nigeria. Journal of Psychology & Psychotherapy, 08(05). https://doi.org/10.4172/2161-0487.1000349
Watson, K., H., Dunbar, J., P., Thigpen, J., Reising, M., M., Hudson, K., McKee, L., Forehand, R., & Compas, B., E. (2014). Observed Parental Responsiveness/Warmth and Children’s Coping: Cross-Sectional and Prospective Relations in a Family Depression Preventive Intervention. J Fam Psychol, 28(3), 278–286. https://doi.org/10.1037/a0036672
World Health Organization. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait coronavirus. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Yikealo, D., Tarake, W., & Karvinen, I. (2018). The level of stress among college students: a case in the college of education, eritrea, institute of technology. Open Science Journal, 3(4), 1–18. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004
Yikealo, D., & Tareke, W. (2018). Stress Coping Strategies among College Students : A Case in the College of Education , Eritrea Institute of Technology Abstract : September, 1–17.
Published
2021-04-30
How to Cite
SAWITRI, Annisa Rachma; WIDIASAVITRI, Putu Nugrahaeni. Strategi Coping Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 78-85, apr. 2021. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/67729>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>