Peran Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kecenderungan Kreativitas dalam Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA yang menjadi Anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di Denpasar

  • Ni Made Abi Pawitri Universitas Udayana
  • Putu Nugrahaeni Widiasavitri Universitas Udayana

Abstract

Kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah adalah kecenderungan individu untuk menghasilkan suatu karya ilmiah yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang bermakna yang bersifat unik, baru, tidak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya, orisinal, dan bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Terwujudnya kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah tidak terlepas dari faktor-faktor internal yang memengaruhinya seperti efikasi diri dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah pada siswa SMA yang menjadi anggota KIR di Denpasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yang menjadi anggota KIR dari SMA Negeri 3 Denpasar, SMA Negeri 4 Denpasar, dan SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar berjumlah 150 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecenderungan Kreativitas dalam Menulis Karya Ilmiah, Skala Efikasi Diri, dan Skala Motivasi Berprestasi. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,825 dan koefisien determinasi sebesar 0,681, dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang berarti efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah dan memberikan pengaruh sebesar 68,1%. Efikasi diri memiliki signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah dan motivasi berprestasi memiliki signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah.


Kata kunci: Kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah, efikasi diri, motivasi berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2014b). Skala penyusunan psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014c). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1995). Self efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.
Bandura, A. (1997). Self efficacy: The excercise of control. New York: W.H Freeman and Company.
Dalman, H. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Djaali , H. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. (2011). Psikologi belajar edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Djalali., Kasiati., Sofiah.D. (2012). Pola asuh orangtua demokratis, efikasi diri, dan kreativitas remaja. Jurnal Persona, 1(1), 15-19. Diakses pada 31 Januari 2017 dari http://jurnal.untag-sby.ac.id
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2), 193-200. Diakses pada 19 Desember 2017 dari http://jurnal.uim.ac.id
Feist, J., & Feist, G. J. (2014). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd ed). New York: SAGE Publication Inc.
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2012). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Heckhausen, H. (1967). The anatomy of achievement motivation. New York: Academic Press Inc.
Kandler, C., Riemann, R., Angleitner, A., Spinath, F., Borkenau, P., & Lars, P. (2016). The nature of creativity: The roles of genetic factors, personality traits, cognitive abilities, and environmental sources. Journal of Personality and Social Psychology, 111(2), 230-249. Diakses pada 5 Frebruari 2017 dari http://dx.doi.org.10.1037/pspp0000087
Kaufman, J. C., Plucker, J. A., & Baer, J. (2008). Essentials of creativity assessment. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kaufman, J. C., & Stenberg, R. J. (2010). The cambridge handbook of creativity. USA: Cambridge University of Press.
Kisti, H., & Fardana, N. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan kreativitas pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(2), 52-58. Diakses pada 31 Januari 2017 dari http://journal.unair.ac.id
Kuntjojo, & Matulessy, A. (2012). Hubungan antara metakognisi dan motivasi berprestasi. Jurnal Persona, 1(1), 26-39. Diakses pada 1 Maret 2017 dari http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/13
Listyaningsih, R. (2015). Penggunaan artikel ilmiah biologi untuk memunculkan kreativitas rancangan penelitian peserta Kelompok Ilmiah Remaja. (Skripsi dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada 27 Februari 2017 dari http://repository.upi.edu/21565
Monks, F., Knoers, A., & Hadinoto, S. (2014). Psikologi perkembangan: Pengantar dan berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalimun, Fadillah, H., & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan pengembangan kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Noersyahbani, F., Budi, W., & Nurcholis, G. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kreativitas berwirausaha pada mahasiswa Hang Tuah Universitas Surabaya. Poseidon Jurnal Ilmiah Psikologi dan Psikologi Kelautan-Kemaritiman, 7(1), 18-27. Diakses pada 19 Desember 2017 dari http://dspace.hangtuah.ac.id
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2011). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: Kencana.
Pawitri, A. (2017a). Studi pendahuluan: Faktor-faktor yang memengaruhi kreativitas menulis karya ilmiah pada siswa SMA anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di Denpasar. (Naskah tidak dipublikasikan). Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar.
Pawitri, A. (2017b). Studi kasus: Gambaran kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah pada anggota-anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) tingkat SMA. (Naskah tidak dipublikasikan). Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar.
Phelan, S., & Young , A.M. (2003). Understanding creativity in workplace: An examination of individual styles and training in relation to creative confidence and creative self leadership. Journal of Creative Behaviour, 37, 266-281. Diakses pada 28 Januari 2018 dari http://onlinelibrary.wiley.com
Putra, P., & Pratitis, N. (2014). Hubungan antara keterbukaan terhadap pengalaman dan efikasi diri dengan kreativitas. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(3), 195-204. Diakses pada 19 Desember 2017 dari http://id.portalgaruda.org
Putranto, B. (2015). Perbandingan tingkat rasa percaya diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri tahun ajaran 2014-2015. (Skripsi dipublikasikan). Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses pada 27 Februari 2017 dari http://simki.unpkediri.ac.id
Riadi, E. (2016). Statistika penelitian (analisis manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Riduwan. (2012). Pengantar statistika sosial. Bandung: Alfabeta.
Rustika, I.M. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada remaja. (Disertasi tidak dipublikasikan). Program Studi Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Santoso, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2007a). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.
Savira, S., & Hapsah, R. (2015). Hubungan antara self efficacy dan kreativitas dengan minat berwirausaha. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 5(2), 80-89. Diakses pada 20 Desember 2017 dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/1804
Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: Indeks.
Stenberg, R.J., & Williams, W.M. (1996). How to develop student creativity. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum.
Supriadi, D. (1997). Kreativitas, kebudayaan, dan perkembangan iptek. Bandung: Alfabeta.
Susilowarno, R. G. (2003). Kelompok Ilmiah Remaja: Petunjuk membimbing dan meneliti bagi remaja. Jakarta: PT Grasindo.
Ulfah, M., Fuady, A., & Wardani, N. E. (2013). Teknik peer correction untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karya ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 2-12. Diakses pada 27 Februari dari 2017 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/article/view/2143
Wardhana, H. (2013, Juli 20). Mengenal ruang lingkup plagiasi dan "copy paste". Diakses pada 16 Januari 2018 dari Kompasiana http://www.kompasiana.com/mengenal-ruang-lingkup-plagiasi-dan-copy-paste
Wedan, M. (2016, Oktober 9). Silabus SMA kurikulum 2013 revisi 2016 Bahasa Indonesia. Diakses pada 11 Maret 2017 dari Silabus Media Pendidikan Indonesia. Org http://silabus.org/silabus-sma-kurikulum-2013-revisi-2016-bahasa-indonesia/
Wijono, S. (2012). Psikologi industri dan organisasi: Dalam suatu bidang gerak psikologi. Jakarta: Kencana.
Published
2019-02-27
How to Cite
PAWITRI, Ni Made Abi; WIDIASAVITRI, Putu Nugrahaeni. Peran Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kecenderungan Kreativitas dalam Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA yang menjadi Anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 140-152, feb. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47158>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>