PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Ni Putu Tissa Noviandini Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Kerti Yasa Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian, pengaruh keputusan pembelian terhadap brand trust, pengaruh brandtrust terhadap keputusan pembelian, dan menjelaskan peran brand trust memediasi e-WOM terhadap keputusan pembelian. Lokasi penelitian adalah Denpasar pada konsumen Traveloka. Metode penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan 120 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e- WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, e- WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand trust, brand trust berpengaruh secara positif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian, brand trust secara signifikan mampu memediasi hubungan pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak manajemen Traveloka dapat meningkatkan pengelolaan fitur ulasan produk dan fitur diskusi untuk menghubungkan konsumen, memberikan informasi sesuai dengan realita dilapangan dan dapat menuntuk konsumen untuk melakukan transaksi di Traveloka.


Kata kunci  : e-WOM, brand trust, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-24
How to Cite
NOVIANDINI, Ni Putu Tissa; YASA, Ni Nyoman Kerti. PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 11, p. 1201 - 1220, nov. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73997>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i11.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)