KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Abstract
Kinerja pemasaran merupakan ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh dari sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, menjelaskan pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, menjelaskan peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UKM Batu Bata di Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jumlah sampel sebanyak 70 dengan metode non probality sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analisis. Berdasarkan hasil analisis, Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar serta keunggulan bersaing memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar.
Kata kunci: keunggulan bersaing, kinerja pemasaran, orientasi pasar