PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN KEMBALI JASA JNE DI KOTA DENPASAR
Abstract
Dalam era globalisasi, perkembangan dunia usaha semakin tidak dapat diprediksi, berbagai usaha di bidang jasa atau produksi semakin bersaing. Kebutuhan konsumen semakin meningkat dan banyak bisnis-bisnis onlineyang bermunculan. Bisnis jasa saat ini sangat dibutuhkan dan berpengaruh dalam aktivitas konsumen sehari-hari. Banyak sekali perusahaan jasa pengiriman barang yang mudah ditemukan disetiap sudut kota dan diantarannya adalah JNE, Tiki, Pos Indonesia, dan DHL. Jasa pengiriman barang yang digunakan dalam penelitian ini adalah JNE. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar pada kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Selatan, Denpasar Timur, dan Denpasar Utara. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel, dipilihnya 100 responden karena dalam penelitian ini menggunakan metode path analysis dimana daalam metode tersebut harus menggunakan minimal 100 sampel. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali, kepercayaan mampu memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali jasa JNE di Kota Denpasar.
Kata Kunci: pengalaman, kepercayaan, niat menggunakan kembali.