PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN SEPATU MEREK NIKE

  • Anak Agung Ngurah Dicky Natha Prawira Universitas Udayana
  • Putu Yudi Setiawan Universitas Udayana

Abstract

Brand Loyalty adalah suatu tolok ukur kesetiaan konsumen pada suatu brand. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi brand loyalty diantaranya adalah brand image, brand satisfaction, serta brand trust. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, brand satisfaction, dan brand trust terhadap brand loyalty Pelanggan sepatu merek Nike di Kota Denpasar.  Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan sepatu merek Nike yang berdomisili di Kota Denpasar yang telah membeli sepatu Nike sebanyak lebih dari dua kali. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 110 responden dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form kepada responden secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty dengan nilai signifikansi 0,001 (2) brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty dengan nilai signifikansi 0,001 (3) brand trust tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty dengan nilai signifikansi 0,532. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat menambah bukti empiris terkait dengan variabel penelitian yang dapat memperkuat hasil-hasil penelitian terdahulu.


Kata Kunci: Citra merek, Kepuasan merek, Kepercayaan merek, Loyalitas merek

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-23
How to Cite
PRAWIRA, Anak Agung Ngurah Dicky Natha; SETIAWAN, Putu Yudi. PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN SEPATU MEREK NIKE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 12, p. 1305 - 1324, dec. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/72122>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i12.p03.
Section
Articles