PERAN INOVASI MEMEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN BARBERSHOP DI KOTA DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh inovasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik atau pengelola Barbershop di Kota Denpasar, dengan jumlah sampel 30 orang responden. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis partial least square (PLS). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi dan kinerja pemasaran. Variabel inovasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel inovasi juga terbukti mampu memediasi orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran Barbershop di Kota Denpasar. Implikasi penelitian ini dapat memberikan informasi penting bagi pengusaha-pengusaha yang memiliki barbershop di Kota Denpasar untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran yang diharapkan meningkatkan keuntungan untuk kedepannya.
Kata Kunci: orientasi kewirausahaan, inovasi, kinerja pemasaran.