PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION BALI UNITED STORE

  • Pande Kadek Indra Mahardika Universitas Udayana
  • I Gst. Ayu Kt. Giantari Universitas Udayana
  • Putu Yudi Setiawan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Anom Purbawangsa Universitas Udayana

Abstract

Repurchase intention merupakan aspek penting dalam keberlangsungan perusahaan karena mencerminkan tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand image dalam memediasi pengaruh e-WOM dan social media marketing terhadap repurchase intention Bali United Store. Populasi penelitian ini merupakan masyarakat Kota Denpasar yang sudah pernah melakukan pembelian minimal satu kali dalam satu tahun pada Bali United Store dengan penentuan sampel menggunakan jenis non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner dengan responden sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Squares (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa e-WOM, social media marketing, dan brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention, selain itu e-WOM dan social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image, serta brand image mampu memediasi pengaruh e-WOM dan social media marketing terhadap repurchase intention. Berdasarkan hasil ini, pihak manajemen Bali United Store direkomendasikan untuk memperhatikan ulasan yang masuk pada toko online, menyajikan informasi yang update, menjaga rating di marketplace agar tetap tinggi guna nantinya dapat meningkatkan repurchase intention konsumen.


 


Repurchase intention is an important aspect in company's sustainability as it reflects the level of customer satisfaction towards a product. This research aims to explain the role of brand image in mediating the influence of e-WOM and social media marketing on repurchase intention of Bali United Store. The population of this study is the residents of Denpasar City who have made at least one purchase within a year from the Bali United Store, with sample determination using non-probability sampling technique with purposive sampling method. Data collection was conducted through survey method by distributing questionnaires to 120 respondents. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) analysis technique with Partial Least Squares (PLS). The results of the analysis indicate that e-WOM, social media marketing, and brand image have positive and significant effect on repurchase intention. Additionally, e-WOM and social media marketing have positive and significant effect on brand image, and brand image is able to mediate the influence of e-WOM and social media marketing on repurchase intention. Based on these results, the management of Bali United Store is recommended to pay attention to the reviews received on the online store, providing up-to-date information, and maintaining a high rating on the marketplace to ultimately enhance consumer repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfira. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Brand Image Pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 9-17.
Andreana, K. A. Y., & Giantari, I. G. A. K. (2023). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Niat Beli Smartphone Vivo di Kota Denpasar. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(6), 1088-1099.
Arimbawa, I. K. A., Satriawan, I. K., & Triani, I. G. A. L. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Marketing melalui Instagram terhadap Brand Awareness Fish Sambal. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian, 8(2), 122-132.
Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi Pemasaran Electronic Word of Mouth Pada E-Commerce Dalam Menghadapi Era Digital 4.0 di Indonesia. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen, 17(1), 136-143.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik eCommerce 2022/2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Chairunisa, M., & Herawati, S. (2022). Pengaruh E-WOM terhadap Repurchase IntentionDimediasi oleh Brand ImagePelembab Pond’s di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 19(2), 139-153.
Devara, S. A., & Rachmawati, I. (2023). Pengaruh E-Wom, Brand Image, dan Price Terhadap Repurchase Intention Pada Iphone. Journal of Management & Business, 6(1), 21-32.
Dewi, I. G. A. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-jurnal Manajemen, 8(5), 2722-2725.
Diputri, A. T., & Afriani, A. L. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras. Jurnal Communicology, 10(2), 169-187.
Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang. E-journal Manajemen, 9(8), 2895-2914.
Ellitan, Lena, Harvina, L. G. D., & Lukito, R. S. H. (2022). The Effect of Social Media Marketing on Brand Image, Brand Trust, and Purchase Intention of Somethinc Skincare Products in Surabaya. Journal of Entrepreneurship & Business, 3(2), 104-114.
Giantari, I. G. A. K., Utama, I. P. H. B., & Wardani, N. L. D. A. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 54-61.
Heryana, D. K., & Yasa, N. N. K. (2020). Effect Of Electronic Word Of Mouth On Repurchase Intention Mediated By Brand Attitude. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(2), 9-20.
Immanuel, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Engaging Purchase Decision of Customers in Marketplace Channel: A Study of Fashion Online Retail. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(2), 106-117.
Jalil, M. I., Lada, S., Bakri, M. A., & Hassan, Z. (2021). Halal Cosmetics Repurchase Intention: The Role of Marketing in SocialMedia. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 7(4), 629-650.
Leksono, H. B., & Prasetyaningtyas, S. (2021). Influence Social Media Marketing Activity on Repurchase Intention in The E-Commerce Industry. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(5), 1-25.
Loviga, L. T., & Febriyantoro, M. T. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Produk Erigo. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 341-355.
Maulani, L. S., & Sanawiri, B. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Purchase Decision (Survei Online pada Followers Aktif Instagram dan Facebook Vauza Tamma Hijab). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72(2), 148-156.
Mileva, D. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Surabaya Snowcake. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 446-452.
Muchlis. (2022). Pengaruh E-Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Wom E-Commerce Tiktok Shop Pada Generasi Z. Jurnal Analisis Manajemen, 8(2), 118-130.
Mustajibah, T., & Trilaksana, A. (2021). Dinamika E-Commerce di Indonesia Tahun 1999-2015. E-Journal Pendidikan Sejarah, 10(3).
Nuraeni, I., & Manoarfa, H. (2022). The Effect of e-WOM Dimensions on Online Repurchase Intention: Survey on Generation Z (12 to 27 Years Old) of Online Travel Agent Users in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(4), 31073-31080.
Pentury, L. V., Sugianto, M., & Remiasa, M. (2019). Pengaruh E-Wom Terhadap Brand Image dan Purchase Intention Pada Hotel Bintang Tiga Di Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 26-35.
Pitaloka, A. D., & Ali, M. M. (2022). Faktor-faktor yang Memengaruhi Niat Beli Ulang Sayuran Melalui Platform E-Commerce di Jabodetabek. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 314-326.
Praschita, I. W.P., & Giantari, I. G. A. K. (2018). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 8016-8047.
Puspitasari, Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Point Palembang). Jembatan, 15(1), 23-32.
Putra, D. N. W., & Mukaromah, W. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 22-33.
Putri, G. A. A. W. P., & Jatra, I. M. (2024). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image Sebagai Mediasi (Studi pada Pelanggan Produk Lipstik Revlon di Kota Denpasar). Jurnal Ekonomika45, 11(2), 85-103.
Putri, M. R., & Sienatra, K. B. (2023). Pemediasian Antara Pengaruh E-Wom Terhadap Repurchase Intention dengan Mediasi Brand Image Pada Produk Skincare Merek Lokal Indonesia Yang Ada di E-Commerce. PARSIMONIA: Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, 10(2), 100-109.
Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019). The Mediating Effect of Brand Image On The Relationships Between Social Media Advertising Content, Sales Promotion Content and Behaviuoral Intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 302-330.
Setiawan, D., Welsa, H., & Ningrum, N. K. (2020). Pengaruh Country of Origin dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jimea, 4(2), 670-687.
Sipahutar, E. K. S., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Brand Image Dear Me Beauty. E-Proceeding of Management, 8(6), 8941-8946.
Subawa, N. S., Widhiasthini, N. W., & Suastika, N. P. M. W. S. (2020). The Effect Of Experiential Marketing, Social Media Marketing, And Brand Trust On Repurchase Intention In Ovo Applications. International Research Journal of Management IT and Social sciences, 7(3), 11-21.
Taan, H., Radji, L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315-330.
Tandon, A., Aakash, A., & Aggarwal, A. G. (2020). Impact Of e-WOM, Website Quality, and Product Satisfaction On Customer Satisfaction and Repurchase Intention: Moderating Role Of Shipping And Handling. International Journal of Systems Assurance Engineering and Management, 11(25), 349-356.
Tong, T. K. P. B., & Subagio, H. (2020). Analisa Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Instagram Adidas Indonesia di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran.
Via, M., & Siswoyo, S. T. (2023). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Efikasi Diri, Presepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 3(1), 65-78.
Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24-35.
Wulandari, K. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik (Studi Pada Pengguna E-Commerce Sociolla). Jurnal Imiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 3-18.
Yohana, N. K. Y., Dewi, K. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2020). The Role of Brand Image Mediates the Effect of Electronic Word of Mouth (E-WOM) on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(1), 215-220.
Zharfan, A. A. (2023). Brand Image As a Mediating Variable in the Relationship between E-WOM and Repurchase Intention of Teh Botol Sosro Products. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(3), 589-606.
Published
2025-06-04
How to Cite
MAHARDIKA, Pande Kadek Indra et al. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION BALI UNITED STORE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 14, n. 5, p. 363 - 377, june 2025. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/117464>. Date accessed: 18 july 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2025.v14.i5.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>