DESAIN KUALITAS JASA PENGIRIMAN PADA PT. X DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF QUALITY
Abstrak
Desain jasa bertujuan agar jasa yang ditawarkan dapat memenuhi harapan pelanggan. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam desain jasa adalah Quality Function Deploy
Service design is intended so that the services offered can meet customer expectations. One of the tools that can be used in service design is Quality Function Deployment with the House of Quality, which connects customer desires and the company's ability to respond to them, besides knowing the company's position in competition. The study population are all customers of PT. X and its competitors with 115 people as samples through purposive sampling. Results show PT. X has not been able to fulfill customer wants or needs properly, seen from the gap between level of interest and the level of company performance. There are 7 service indicators that become customer needs or customer requirements and 7 technical requirements, although the difference is not that far, position of PT. X is still below its competitors and needs improvement to increase customer satisfaction.
Keywords: Design services, QFD, House of Quality ment dengan House of Quality, yang menghubungkan keinginan pelanggan dan kemampuan perusahaan dalam menanggapinya, selain itu dapat mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan PT. X dan pesaingnya dengan sampel sebanyak 115 responden menggunakan purposive sampling. Hasil menunjukkan PT. X belum mampu memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan dengan baik dilihat dari adanya gap antara tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja perusahaan. Terdapat 7 indikator pelayanan jasa yang menjadi kebutuhan pelanggan atau customer requirement dan 7 technical requirement, walaupun perbedaanya tidak jauh namun posisi PT. X masih dibawah pesaingnya dan membutuhkan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.