PERAN MAINTENANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH SCHEDULING TERHADAP KINERJA MASKAPAI PENERBANGAN (Studi Pada Garuda Indonesia Airline)

  • Tri Satya Pradnyandari Universitas Udayana
  • Ni Ketut Purnawati Universitas Udayana

Abstract

Sektor jasa telah berkontribusi pada sektor ekonomi salah satunya dalam peningkatan mobilitas masyarakat melalui jasa transportasi udara. Pemanfaatan sektor jasa ini cenderung meningkat setiap tahunnya, setiap maskapai berupaya untuk memberikan keselamatan, kepuasan pelanggan, serta kinerja ketepatan waktu (On Time Performance/OTP). OTP merupakan persentase nilai perbandingan actual time dengan scheduled time ketika kegiatan penerbangan dilakukan. Gap besar mengindikasikan adanya cancel/delay yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya waktu dalam persiapan preflight, penanganan pesawat, crewing, maupun faktor lainnya. Kurangnya waktu persiapan preflight dapat diakibatkan oleh banyaknya jadwal penerbangan ataupun plotting time untuk aktivitas yang kurang optimal (scheduling). Penanganan pesawat yang cukup lama salah satunya dapat diakibatkan oleh ketidakmampuan maskapai dalam mengoptomalkan maintenance yaitu ketidakmampuan dalam menemukan permasalahan dengan cepat (corrective maintenance yang kurang optimal) ataupun dapat disebabkan oleh lamanya persiapan akibat ketidakoptimalan preventive maintenance. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel yaitu simple random sampling dengan total sampel sejumlah 92 orang crew/staf. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, serta kuesioner dengan teknik analisis data yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian menghasilkan adanya pengaruh positif scheduling terhadap kinerja OTP yang kemudian mampu dimoderasi maintenance.


Kata Kunci: scheduling, on time performance, maintenance.


 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-03
How to Cite
PRADNYANDARI, Tri Satya; PURNAWATI, Ni Ketut. PERAN MAINTENANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH SCHEDULING TERHADAP KINERJA MASKAPAI PENERBANGAN (Studi Pada Garuda Indonesia Airline). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 6, p. 3473 - 3501, june 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45742>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p07.
Section
Articles