PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND LOYALTY

  • Putu Arina Indah Puspita Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Made Purnami Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand image memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap brand loyalty. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris tentang pengaruh antara variable kredibilitas celebrity endorser, brand image dan brand loyalty bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan melibatkan 100 responden yang menggunakan smartphone merek OPPO melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis jalur dan uji sobel dimana sebelumnya telah di uji dahulu menggunakan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menemukan bahwa kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan brand loyalty. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty dan mampu memediasi secara signifikan pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap brand loyalty. Penggunaan seorang celebrity endorser yang memilki kredibilitas baik akan meningkatkan brand image sehingga dapat menjaga brand loyalty.


 


Kata kunci: kredibilitas celebrity endorser, brand image, brand loyalty

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-03
How to Cite
PUSPITA DEWI, Putu Arina Indah; PURNAMI, Ni Made. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND LOYALTY. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 8, p. 4841 - 4870, aug. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/46478>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i08.p05.
Section
Articles