PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP REPURCHASE INTENTION KONSUMEN WARDAH BEAUTY COSMETIC
Abstract
Kebutuhan akan produk kosmetik saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu sehingga kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer. Produk kosmetik yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran brand equity memediasi pengaruh country of origin terhadap repurchase intention pada konsumen Wardah beauty cosmetic di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji asumsi klasik, path analysis, dan pengujian peran mediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity, brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, dan brand equity mampu memediasi secara parsial (complementary partial mediation) pengaruh country of origin terhadap repurchase intention pada konsumen Wardah beauty cosmetic di Kota Denpasar. Implikasi teoritis hasil penelitian ini mendukung teori perilaku konsumen bahwa jika perilaku konsumen dalam menumbuhkan minat beli ulang dipengaruhi oleh berbagai informasi yang diterima. Implikasi praktis jika persepsi konsumen terhadap country of origin produk merek Wardah baik maka brand equity akan baik sehingga dapat meningkatkan repurchase intention.
Downloads
References
Aquinia, A., & Soliha, E. (2020). The effect of brand equity dimensions on repurchase intention. Diponegoro International Journal of Business, 3(2), 97-103.
Astuti, Y., & Asih, D. (2021). Country of Origin, Religiosity and Halal Awareness: A Case Study of Purchase Intention of Korean Food. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), pp. 0413–0421.
Bagus, I., Prawira Kusuma, H., Ayu, G., & Giantari, K. (2018). Peran Brand Image Sebagai Mediator antara Country of Origin dengan Purchase Intention. 7(8), hal. E-jurnal Manjemen Universitas Udayana. 4325–4354.
Cahyaningrum, F. (2020). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Celebrity Endorser Dan Country Of Origin Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Di Wardah Beauty House Semarang” Halal. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 3 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Hal. 851-871.
Compas (2022). Compas Market Insight. Diakses pada website https://compas.co.id
Cyntya, C., & Berlianto, M. P. (2023). The Effect of Credible Online Review, Brand Equity Dimension, and Customer Satisfaction Towards Bio Beauty Lab's Repurchase Intention. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 19(1), 203-223.
Dara, A. L., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Pada Konsumen Wardah Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 10-17.
Dhanny, O., Hudayah, S., Paminto, A., Hariyadi, S., & Adhimursandi, D. (2021). Investigation of Perceived Quality and Brand Trust Antecedents and Their Consequences on Brand Loyalty of Toyota Avanza Vehicle in East Kalimantan Province, Indonesia. International Journal of Management (IJM), 12(1).
Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. (2018). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan citra merek terhadap niat pembelian ulang. Sumber, 5(65.682), 15-20.
Fahira, S. A., Zafrullah, A., & Setyaningrum, I. (2020). Analisis Produk Kosmetik Impor Terkait Brand Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Kosmetik Impor Di Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(2), hal. 59-65.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: erlangga.
Goh, A., & Candy, C. (2022). Faktor pengaruh purchase intention pada fastfood Burger King: peran dari brand equity. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 187-202.
Gunawan, G. N., Putu, I., & Sukaatmadja, G. (2018). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Country Of Origin Terhadap Niat Beli. E-jurnal Manajemen Universitas Udayana. 7(12), hal. 6445–6472.
Hasan, G. (2018). Analisa Pengaruh Country Of Origin Image dan Brand Equity Dimensions Terhadap Brand Equity. Journal of Accounting and Management Innovation, 2(1), 38-49.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Widina Bhakti Persada Bandung.
Islam, I. B., Haque, A., Kaniz, A., & Islam, I. B. (2023). Exploring Consumer-Based Brand Equity In Bangladesh: A Study On Bangladesh Apparel Industry. Journal of Pharmaceutical Negative Results, 2044-2058.
Kausuhe, J. N., Worang, F. G., & Gunawan, E. M. (2021). The Influence Of Brand Image And Country Of Origin On Purchase Decision Of Oppo Smartphone In Manado Pengaruh Citra Merek Dan Negara Asal Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Manado. Jurnal EMBA, 9(1), hal. 207–215.
Kembang, L. P., Hermanto, A., & Kalbuadi, A. (2022). Pengaruh Country of Origin dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Smartphone Merek Samsung pada Konsumen di Kota Mataram. SOLID, 12(1). Hal. 1-7.
Kotler, P & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. Pearson New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kusumayani, M. H., & Warmika, I. G. K. (2022). Antecedents and Consequences of Brand Equity on Repurchase Intention of Beauty Salon Consumers. European Journal of Business and Management Research, 7(3), 344-346.
Maharani, P. S. S. D., & Jatra, I. M. (2021). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Marketing Mix Terhadap Niat Beli Ulang Dewata Kaos Di Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Malino, S. B. (2016). Pengaruh Country Of Origin Dan Word Of Mouth Terhadap Dimensi Brand Equity Dan Pengaruh Dimensi Brand Equity Terhadap Brand Equity Smartphone Samsung Di Surabaya. CALYPTRA, 4(2), 1-11.
McCarthy, B. (2016). Consumer Behaviuor & PR. Australia: James Cook University.
Mubarok, F. H. R., & Sholahuddin, M. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Pembelian Ms Glow For Men di Surakarta Dengan Ewom Sebagai Variabel Mediasi. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 461-472.
Munir, M. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Asal Negara, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang McDonald’s Sedati Sidoarjo. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 37-42.
Murtiasih, S., Sucherly, S., & Siringoringo, H. (2014). Impact of country of origin and word of mouth on brand equity. Marketing Intelligence and Planning, 32(5), pp. 616–629.
Pantow, M. J., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2022). ANALISA SWITCHING BARRIERS PADA MINAT BELI KONSUMEN PRODUK WARDAH DI MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1600-1611.
Pitaloka, I. W., & Gumanti, T. A. (2019). The effects of brand equity on repurchase intention: The role of brand relationship quality in Muslim Wear Brand Surabaya-Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(1), 196-199.
Priyanto, R. (2022). The Effect of Store Atmosphere, Country of Origin, And Lifestyle on Repurchase Intention at The Ramen Store in Bandung City. Media Wisata, 20(2), 332-344.
Razak, M. (2016). Perilaku Konsumen. Alauddin University Press.
Salman, H., & Aslam, S. (2014). Influence of Brand Loyalty on Consumer Repurchase intentions of Coca Cola. Europan Journal od Business and Management, 6(14), 169-175.
Santikayasa, I. M. A., & Santika, I. W. (2019). Peran Citra Toko Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen (Doctoral dissertation, Udayana University).
Saraswati, I. G. A. A. P., & Rahyuda, I. K. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(2), 61.
Schiffman, Leon. & Kanuk, Leslie. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Setiawan, D., Welsa, H., Kusuma Ningrum, N. (2021). Pengaruh Country Of Origin Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Mandar: Management Development and Applied Research Journal. 4(1), hal. 89-97.
Shah, S. M., Adeel, M., Hanif, F., & Khan, M. (2016). The impact of brand equity on purchase intensions with modertaing role of subjective norms. Universal Journal of Industrial and Business Management, 4(1), 18-24.
Sinambela, E. A., Arifin, S., Putra, A. R., Jahroni, J., Rahman, A., & Faisal, M. (2022). The Influence of Lifestyle, Reference Groups, and Country of Origin on Repurchasing Intentions for Marlboro Cigarettes. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 2(2), 105-114.
Sinulingga, E. K. H., & Jokhu, J. R. (2021). The Influence of Country of Origin Towards Brand Equity Dimensions and Purchase Intention of Chinese Smartphone Brand. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 297-306.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Sumarni, S. (2020). Pengaruh Marketing Mixterhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Pasar Modern Carrefour Panakkukang Square Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 383-403.
Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I SMKN 1 Painan. Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), hal. 1318-1331.
Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I SMKN 1 Painan. Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), hal. 1318-1331.
Ulfah, Q., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Peran Brand Equity dalam Memediasi Pengaruh Country of Origin Image terhadap Repurchase Intention (Doctoral dissertation, Udayana University).
Van Kien, P. MODELING VIETNAMESE REPURCHASE INTENTION TOWARD KOREAN COSMETICS.
Viliaus, C., & Tobing, R. L. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen Pond s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity. Jurnal Manajemen Bisinis, 12(2), 129-142.
Wardah Beauty Indonesia. (2022). Philosophy. Di unduh melalui website https://www.wardahbeauty.com/#halal
Yasin, N. M., Noor, M. N., & Mohamad, O. (2007). Does image of country‐of‐origin matter to brand equity?. Journal of Product & brand management. 16(1), pp. 38-48.