Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Jasa Pengiriman Wine Pada PT. PW
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the product and service attributes that are considered important by consumers, calculate the level of importance and performance to meet consumer satisfaction, and analyze the attributes that are prioritized to be improved based on the level of importance and consumer satisfaction at PT. PW. The study used a survey method and data analysis with the Importance Performance Analysis (IPA) method. The data obtained in the study came from distributing questionnaires to 38 respondents who were customers of PT. PW. The results showed that all product and service attributes were considered very important by consumers. The average value of the level of importance of product attributes was 3.71 (very important) and service attributes were 3.79 (very important). Overall, the average value of the product satisfaction level was 83.85% and the level of service satisfaction was 81.75%. Analysis of attributes that are the main priority to be improved on product attributes, namely wine color, wine volume size, wine benefits and quality of wine raw materials while for service quality which is the main priority is improved on wine product marketing attributes and wine product offering attributes.
Keywords: wine, consumer satisfaction, Importance Performance Analysis (IPA).
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut – atribut produk dan pelayanan yang dianggap penting oleh konsumen, menghitung tingkat kepentingan dan kinerja untuk memenuhi kepuasan konsumen, serta menganalisis atribut – atribut yang diprioritaskan untuk ditingkatkan berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen di PT. PW. Penelitian menggunakan metode survei dan analisis data dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Data yang diperoleh dalam penelitian berasal dari penyebaran kuisioner kepada 38 responden yang merupakan pelanggan PT. PW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua atribut produk dan pelayanan dianggap sangat penting oleh konsumen. Nilai rata-rata tingkat kepentingan atribut produk sebesar 3,71 (sangat penting) dan atribut pelayanan sebesar 3,79 (sangat penting). Secara keseluruhan nilai rata-rata tingkat kepuasan produk sebesar 83,85% dan tingkat kepuasan pelayanan sebesar 81,75%. Analisis atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan pada atribut produk, yaitu warna wine, ukuran volume wine, manfaat wine dan kualitas bahan baku wine sedangkan untuk kualitas pelayanan yang menjadi prioritas utama ditingkatkan pada atribut pemasaran produk wine dan atribut penawaran produk wine.
Kata kunci : wine, kepuasan konsumen, Importance Perfomance Analysis (IPA).
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Amreny, F. F. 2012. Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Layanan Antar (Delivery Service) DI Restoran KFC Cabang Ahmad Yani Makassar (Reliabilitiy, Responsiveness, Assurance, Emphty dan Tangibles). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Falkultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.
Arif, M. 2018. Supply Chain Management. Deepublish, Yogyakarta.
Beukelaar, M. FA. D, Janse. M. L., Sierksma, A., Feskens, E. JM., and Vries, J. HM. D. 2019. How Full Is your Glass? Portion Sizes Of Wine, Fortified Wine And Straight Spirits At Home In The Netherlands. Public Health Nutrition: 22(10):1727-1734.
https://doi.org/10.1017/S1368980019000442
Kezia, P., Kumar. K. S., and Sai. B. L. N. K. 2017. Lean Manufacturing In Food And Beverage Industry. Internasional Journal Of Civil Engineering and Technology: 8(5):168-174.
http://www.iaeme.com/IJCIET/index.asp
Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., Armstrong, G. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen Edisi 14 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., K. L. Keller. 2021. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Jakarta Pusat.
Maria, A. 2021. Pengaruh kualitas layanan AKJP II Pekanbaru terhadap kepuasan mahasiswa dengan metode IPA dan CSI. Jurnal HUMMANSI. 4 (9): 1-22.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia, Bandung.
Mira de Orduña, R. 2010. “Climate Change Associated Effects on Grape and Wine Quality and Production.” Food Research International 43(7):1844–55. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2010.05.001
Sari, D. P., F. Rahmiyatun, A. Suhaila, dan P. Suratriadi. 2019. Analisis penerimaan cukai minuman mengandung etil alkohol terhadap penerimaan negara dibidang cukai pada KPPBC Jakarta. Jurnal Mitra Manajemen. 3(12):1182-1194.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Sulianta. 2014. 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Umar, H. 2002. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Velic, D., Velic, N., Klaric, D. A., Klaric, I., Tominac, V. P., Kosmerl, T., and Vidrih R. 2018 The Production Of Fruit Wines-A Review. Croantian Journal Of Food Science and Technology: 10(2):279-290.
https://doi.org/10.17508/cjfst.2018.10.2.19.