Bakteri Escherichia coli pada Limbah Peternakan Babi di Kabupaten Badung Jauh Melampaui Baku Mutu Coliform Provinsi Bali

  • Rojelio Dias Trindade Sousa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Suada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ketut Suarjana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Peternakan babi merupakan salah satu usaha yang potensial untuk dikembangkan sebagai komoditas ekspor, sumber protein, dan sumber pendapatan keluarga.  Limbah babi berasal dari campuran sisa-sisa pakan, minuman, urin, feses, serta air cucian bekas memandikan babi.  Limbah babi yang mengandung bakteri E. coli menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan di sekitarnya.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah bakteri E. coli yang terdapat pada limbah peternakan babi di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.  Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan pemilihan lokasi peternakan dilakukan secara purposive sampling.  Lokasi pengambilan sampel di kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi dan Kuta Utara.  Jumlah peternakan yang menjadi sampling di setiap kecamatan adalah sebanyak tiga peternakan.  Volume sampel limbah yang diambil disetiap peternakan sebanyak 500 mL, selanjutnya dari tiga peternakan tersebut dilakukan komposit menjadi satu sampel.  Media yang digunakan untuk menumbuhkan bakteri E. coli adalah media Eosin Metilene Blue Agar (EMBA).  Sampel yang ditumbuhkan dalam media EMBA di setiap kecamatan sebanyak 0,1 mL dengan menggunakan metode sebar (spread plate method).  Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat bakteri E. coli dalam limbah peternakan babi di Kecamatan Petang sebesar 90 x 107CFU/mL, Abiansemal 33 x 107 CFU/mL, Mengwi 11 x 107 CFU/mL dan Kuta Utara 9 x 107 CFU/mL.  Dapat disimpulkan bahwa limbah peternakan babi di Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi, dan Kuta Utara Kabupaten Badung, Propinsi Bali mengandung bakteri E. coli yang jumlahnya melebihi standar baku mutu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Ketut Suada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Epidemiologi

I Gusti Ketut Suarjana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bakteriologi dan Mikologi Veteriner

Published
2022-01-31
How to Cite
SOUSA, Rojelio Dias Trindade; SUADA, I Ketut; SUARJANA, I Gusti Ketut. Bakteri Escherichia coli pada Limbah Peternakan Babi di Kabupaten Badung Jauh Melampaui Baku Mutu Coliform Provinsi Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 85-94, jan. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/72214>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.1.85.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>