Aplikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Juru Sembelih Halal dan Pekerja Pemotong Daging di Rumah Pemotongan Hewan Mambal dan Pesanggaran

  • Anak Agung Putri Isadela Dayana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Mas Djoko Rudyanto Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Suada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH), tempat pemantauan dan survailans penyakit hewan serta zoonosis. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan suatu masalah yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan dari RPH yaitu menghasilkan produk halal dan memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja pada Juru Sembelih Halal (Juleha) dan pekerja di RPH Mambal Badung dan Pesanggaran Denpasar. Metode yang digunakan dari penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara terhadap juru sembelih halal dan pekerja pemotong daging dalam pengaplikasian K3 pada proses penyembelihan yang dilanjutkan dengan melakukan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh. Dari data kuisioner dan observasi yang diperoleh, juleha dan pekerja belum paham  untuk mengaplikasikan K3 sesuai dengan standar. Karena itu, perlu dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan K3 serta dijelaskan dampak dan resiko dari tidak diterapkan K3.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mas Djoko Rudyanto, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat Veteriner

I Ketut Suada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat Veteriner

Published
2019-01-31
How to Cite
DAYANA, Anak Agung Putri Isadela; RUDYANTO, Mas Djoko; SUADA, I Ketut. Aplikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Juru Sembelih Halal dan Pekerja Pemotong Daging di Rumah Pemotongan Hewan Mambal dan Pesanggaran. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 99-105, jan. 2019. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/48121>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2019.8.1.99.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>