Strategi Peningkatan Pelayanan Departemen Fresh Food Tiara Dewata Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

  • Tissa Meiya Candigo Universitas Udayana
  • Amna Hartiati Universitas Udayana
  • Dewa Ayu Anom Yuarini Universitas Udayana

Abstract

Consumer complaints indicate that there are still shortcomings in the service of the Tiara Dewata fresh food department. This is a reference for Tiara Dewata to analyze these problems to maintain consumers trust. This study aims to help analyze the needs and desires of consumers and find out the right strategies for improving the services of the Tiara Dewata fresh food department. The research was conducted through a survei of 100 consumers and interviews with Tiara Dewata, Denpasar. Based on the QFD analysis, there are 11 attributes of pelanggan interest and 14 technical parameters to achieve satisfaction of pelanggan interest attributes. The results of the analysis show that the company can still improve services with the highest improvement ratio with a value of 1.39, namely the completeness of the product pricetag (X4) and the employee's understanding of the product (X6). In addition, the company can improve the technical response to complaints to consumers so that consumers satisfaction and company targets can be achieved optimally.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, T., Mukson dan E. Prasetyo. 2021. Keputusan pelanggan dalam pembelian chicken nugget di kota Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Agribisnis, 15(3): 1-14.
Agustian, I., H. E. Saputra, dan A. Imanda. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Manajamen terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED. 6(1): 42-60.
Ananda, G. C. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi beli konsumen padapasar swalayan maju bersama marendal Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12(2): 20-32.
Apriyadillah, P. P. 2018. Analisis pengaruh kualitas produk, kesesuian harga, intensitas promosi terhadap keputusan pelanggan rokok djarum l.a bold (Studi kasus pada Kelurahan Dawuhan Kabupaten Situbondo). Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Bakhtiar, A., M. Aulia., dan A. Susanty. 2017. Perbandingan kualitas layanan ritel swalayan menggunakan competitive zone of tolerance based dan importance- performance analysis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16(1): 65-72.
Charlis, A. A., P. Diana., dan M. M. Warso. 2015. Pengaruh keanekaragaman produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen Giant supermarket puri anjasmoro Semarang. Journal of Management, 1(1): 1-11.
Cohen, L. 1995. How to make QFD work for you. Reading, MA: Addison-Wesley Publishing. https://www.amazon.com/Quality-Function-Deployment-Make-Work/dp/0201633302?asin=0201633302&revisionId=&format=4&depth=1. Diakses pada 05 Agustus 2022.
Fristiana, D. A. 2012. Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada ramai swalayan peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1):1-9.
Harahap, R. T. M. 2021. Analisis IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Pelanggan Satisfaction Index) pada bisnis mie aceh basilam di kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Medan, Universitas Sumatera Utara.
Hismuddin, M. H., R. Arifin., dan A. R. Slamet. 2020. Pengaruh kualitas produk, harga, store atmosphere, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di swalayan mahkota Gresik (studi kasus pada pelanggan swalayan mahkota). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(10): 1-19.
Kaisupy, T. D., H. Salampessy., dan S. Marasabessy. 2020. Pengaruh pasar modern terhadap pola belanja makanan pokok dari wanita bekerja dan wanita tidak bekerja di kota Ambon. Jurnal Management Research, 3(2): 242-253.
Kantohe, J., M. Karuntu. 2014. Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja pada fiesta pasar swalayan Manado. Jurnal EMBA, 2(1): 66-77.
Khairi, N. W. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen koperasi pegawai republik Indonesia Omi swalayan. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.
Kotler, P. dan K. L. Keller. 2012. Marketing Management. Prentice Hall, New Jersey. 14th Edition, Pearson Education.
Lianardi, W., dan S. Chandra. 2019. Analysis of service quality, product completeness, and price on purchasing decisions at Juni minimarket Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, 4(1): 45-58.
Lianingsih, T. 2019. Pengukuran kinerja departemen fresh food Tiara Dewata swalayan Denpasar dengan metode balanced scorecard. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(4): 635-645. Fakultas Teknologi Pertanian.
Melliana., T., M. Yusrizal dan Fitra. 2019. Tingkat pelayanan swayalan XYZ terhadap kepuasan pelanggan di Kota Dumai. Talenta Conference Energy and Engineering (EE), 2(4): 151-157.
Purnomo., R. Setiawan, dan F. S. Wisnu. 2019. Analisis strategi dan pengembangan produk unggulan pada industri kecil menengah bahan kaca di malang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(2), 134-139.
Purwantoro. 2019. Pengaruh pemilihan tata letak produk, harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada swalayan “grace mart” bangun jaya. Jurnal Imliah Manajemen dan Bisnis, 1(1): 12-17.
Rajaguguk, A., M. Effendi., dan A. Suryani. 2021. Pengaruh pengetahuan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen homesmart rantau prapat. Jurnal Dharmawangsa, 15(2): 292-298.
Ramadhan, M. 2016. Service quality measurement of swalayan X by integrating servqual and kano into QFD. Fakultas Teknologi Industri. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Siregar, I., dan A. Kevin. 2017. Perancangan produk tempat tisu multifungsi dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(2): 21-29.
Sudaryana, A. 2011. Perilaku konsumen dalam berbelanja pada supermarket di Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 8: 67-83.
Taylor, S. 2019. The Butterfly Effect: How a Bad Pelanggan Review Can Damage Your Reputation. Sanderson from Aptean. https://www.sanderson.com. Diakses 11 Februari 2022.
Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2000. Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Triana, D. dan W. O. Widyarto. 2013. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi. 1(1):182-190.
Yuarini, D. A. A., I K. Satriawan dan I D. P. O. Suardi. 2015. Strategi peningkatan kualitas produk sayuran segar organik pada CV. Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2):93-109.
Yulianti, N., dan I. A. Soenandi. 2014. Usaha peningkatan pelayanan PT. x swalayan dengan metode fuzzy Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(1):21-27.
Published
2022-10-24
How to Cite
CANDIGO, Tissa Meiya; HARTIATI, Amna; YUARINI, Dewa Ayu Anom. Strategi Peningkatan Pelayanan Departemen Fresh Food Tiara Dewata Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 160-167, oct. 2022. ISSN 2548-8023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agrotechno/article/view/91229>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITPA.2022.v07.i02.p10.
Section
Articles