Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Chips-Chips Lumer
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
The Chips-Chips Lumer product is an innovative product produced by Pak Eko's Cheese Banana MSMEs which has been marketed since August 2023. The purpose of this study is to determine the effect of the marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction for Chips-Chips Lumer products. In addition, this study also provides recommendations for improvement to related businesses. This research is supported by literature study, interviews with the owner of Pak Eko Cheese Banana business, and distributing questionnaires to 80 respondents. Data analysis used the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method. The results showed a significant effect of the marketing mix on customer satisfaction with a direct effect of 82% and then a significant effect of 77% on customer loyalty. The customer satisfaction variable did not succeed in becoming a mediating variable between the influence of the marketing mix on customer loyalty because it produced an insignificant effect.
Keywords : Marketing Mix, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS).
ABSTRAK
Produk Chips-Chips Lumer merupakan produk inovasi diproduksi UMKM Pisang Keju Pak Eko yang dipasarkan sejak bulan Agustus 2023. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan produk Chips-Chips Lumer. Selain itu, penelitian ini juga membxerikan rekomendasi perbaikan kepada usaha terkait. Penelitian ini didukung studi pustaka, wawancara dengan pemilik usaha Pisang Keju Pak Eko, dan penyebaran kuesioner kepada 80 orang responden. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menghasilkan adanya pengaruh signifikan dari bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dengan pengaruh langsung sebesar 82% lalu berpengaruh signifikan sebesar 77% terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan tidak berhasil menjadi variabel mediasi antara pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan karena menghasilkan pengaruh yang tidak signifikan.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS).
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Arimbawa, I., Kadek., A., Satriawan, K., dan Triani, I. G. A. L. 2023. Analisis pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap brand awareness fish sambal. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian AGROTECHNO, 8(2), 122–132.
Asih, G., N., Putri., Ketut Satriawan, I., dan Suhendra, L. 2023. Kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi hubungan influencer dan kualitas produk terhadap minat beli ulang tender care. Jurnal Manajamen dan Rekayasa Agroindustri 11(3), 403–412.
Carlina, G., dan Ekowati, S. 2022. Pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap minat beli konsumen bakso o’boss di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 599–608.
Dewati, R., dan Saputro, W. A. 2020. Persepsi konsumen terhadap pembelian produk herbal di kabupaten sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144.
Darmanto, S. W., dan Wardaya, M. 2016. Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Lembaga Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Lembaga Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J.F., C.M. Ringle dan M. Sarstedt. 2013. PLS-SEM indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice. 19(2), 139-152.
Kotler, P., and Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing 14th Edition. New Jearsey: Pearson Education Inc.
Kotler, P., dan Keller, K. L. 2009. Menejemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Murdana, Y. T., dan Suryawardani, B. 2019. Pengaruh sosial media marketing melalui instagram terhadap brand awareness pada PT. Dealpro Indonesia Bandung 2019. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(2), 847-851.
Nengsi, B., Evahelda, E., dan Purwasih, R. 2022. Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian inovasi madu kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Studi Inovasi, 2(3), 9-17.
Nisa. 2021. 5 Tips Meningkatkan Social Media Branding yang Efektif In marketing. https://inmarketing.id/social-media-branding-adalah.html . Diakses pada 10 Mei 2024.
Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., dan Andriyani, M. 2019. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan kepercayaan serta dampaknya pada loyalitas konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109.
Onyemachi, O., dan Lilian, K. O. 2012. Analysis of the determinants of repurchase intention of soap products of an agribusiness firm in abia state, Nigeria. Citeseer, 4(2), 32-43.
Pitaloka, G., Dara, N., dan Widowati, I. 2022. Faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk akkar juice bar Yogyakarta. Journal of Agricultural Social and Business, 1(2), 116-123.
Riyadi, A. Y. dan N. S. dan R. 2022. Analisis perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Mulawarman. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16, 190-195.
Selang, C. A., 2013. Bauran pemasaran pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart bahu mall Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 71(3), 71-80.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Siregar, S. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sari, N. E., dan Roza, S. 2017. Pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen bisnis pada UMKM keripik pisang dharma jaya. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 6(3), 195-207
Sari, I. P., Anindita, R., dan Setyowati, P. B. 2018. Pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) terhadap kepuasan pelanggan berubah menjadi loyalitas pelanggan pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57-64.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., dan Hair, J. F. 2021. Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Handbook of market research pp. 587-632. Cham: Springer International Publishing.
Septiyani, S., dan Hadi, E. D. 2024. Pengaruh flash sale, live streaming dan hedonic shopping motivation terhadap impulse buying (studi pembelian produk berrybenka pada pengguna aplikasi shopee). Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 7(1), 970-980.
Suryawardani, B., dan Wulandari, A. 2020. Determinant factors of customers switching behavior to customer satisfaction and loyalty in online transportation users in bandung. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 12-26.
Tjiptono, F., dan Diana, A. 2022. Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: ANDI.
Wiratno, D., Arjuna, J., Jeruk, K., dan Barat, J. 2020. Analisis marketing mix terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen: pada keripik maicih. Jurnal Agribisnis, 20(2), 413–420.
Wong, K. K. K. 2013. Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) techniques using Smart-PLS. Marketing bulletin, 24(1), 1-32.
Yasmin, S., Saroh, S., dan Zunaida, D. 2021. Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, studi pada D’Goendoe cafe Kota Batu. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga atau Bisnis, 10(2), 136-141.