PERAN SIKAP MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG

  • Dewa Gede Kresna Mahaputra Universitas Udayana
  • Putu Yudi Setiawan Universitas Udayana

Abstract

Keputusan berkunjung adalah keputusan yang diambil seseorang sebelum mengunjungi suatu tempat atau wilayah dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Bagi perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk berkunjung demi meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan sikap terhadap keputusan berkunjug. Penelitian dilakukan pada konsumen Eco Bike Coffee Kintamani. Ukuran sampel sebanyak 100 responden, dengan purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data adalah PLS dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa electronic word of mouth dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, secara langsung. Electronic word of mouth  secara tidak langsung dapat mempengaruhi keputusan berkunjung melalui sikap sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian, mengimplikasikan Eco Bike Coffee perlu meningkatkan kesesuaian informasi yang diperoleh untuk meningkatkan pengetahuan konsumen melalui forum di internet sehingga mampu diandalkan dan memberikan kesan yang lebih menyenangkan untuk menarik konsumen berkunjung.


Kata kunci  : merek electronic word of mouth, sikap, keputusan berkunjung

Published
2019-12-03
How to Cite
MAHAPUTRA, Dewa Gede Kresna; SETIAWAN, Putu Yudi. PERAN SIKAP MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 12, p. 7326 - 7348, dec. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/50758>. Date accessed: 24 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p21.
Section
Articles