Menggambar dan mewarnai sebagai bentuk implementasi art therapy dalam manajemen stres akademik

  • Sang Ayu Made Chyntia Putri Astuti
  • Nabila Ardhyaswari Kirana
  • Lionel Timmy Linardo
  • Putu Eka Widyawati
  • Putu Nugrahaeni Widiasavitri
  • Ni Komang Avelia Mahendra Putri Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan Art Therapy dalam mengelola stres akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di SMPK 1 Harapan Denpasar. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah “Terapi Seni efektif untuk mengurangi dan mengelola tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah”. Subjek penelitian ini adalah 69 siswa SMPK 1 Harapan Denpasar. Seluruh siswa kelas 9 SMPK 1 Harapan diberikan pre-test untuk mengukur tingkat stres akademik siswa. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Sebanyak 69 siswa kelas 9 di SMPK 1 Harapan terpilih untuk mengikuti pelatihan terapi seni. Post-test dilakukan setelah siswa diberikan pelatihan terapi seni. Diungkapkan bahwa tingkat stres siswa yang diberikan terapi seni mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan bahwa 46 dari 69 peserta (66,66%) mengalami penurunan skor stres akademik. Dari peserta yang mengalami penurunan skor stres akademik tersebut, sebanyak 58.7% peserta mengalami penurunan kategori stres akademik yaitu dari kategori sedang menjadi kategori rendah dan sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayatullah, R. M., Noviekayati, A. A. 2018. Psikoedukasi pemahaman kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada anggota osis SMP kelas. Jurnal Seminar Nasional Call For Paper & Pengabdian Masyarakat. 1(1).
Muniroh, A. 2018. Hope dan optimisme: Diskursus perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Journal of Sharia Economics. 1(1): 1-9.
Nurani, D. A., Arlizon, R., Yakub, E. 2019. The Material Development of Students Managing Stress.
Rahmawati, W. K. 2015. Keefektifan peer support untuk meningkatkan self discipline siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia. 2(1): 15-21.
Sholihah, I. N. 2017. Kajian teoritis penggunaan art therapy dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK. Proceedings International Conference, pp.173-182.
Published
2022-11-30
How to Cite
ASTUTI, Sang Ayu Made Chyntia Putri et al. Menggambar dan mewarnai sebagai bentuk implementasi art therapy dalam manajemen stres akademik. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 171-183, nov. 2022. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/78028>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2022.v09.i02.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)