Peran kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018

  • Ni Putu Padmadita Nanda Pratiwi Universitas Udayana
  • Ni Made Ari Wilani Universitas Udayana

Abstract

Penyesuaian diri adalah respon mental dan perilaku mahasiswa baru untuk mengatasi dan menyelaraskan kebutuhan, harapan, serta tuntutan yang berasal dari diri sendiri serta dari lingkungan sekitar melalui upaya-upaya tertentu. Penyesuaian diri memfasilitasi mahasiswa baru untuk membentuk dan mempertahankan hubungan yang baik dengan dirinya sendiri serta lingkungannya, terutama di lingkungan perguruan tinggi. Penyesuaian diri dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 226 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Alat ukur penelitian ini adalah skala penyesuaian diri, skala kecerdasan emosional, dan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,805, nilai koefisien determinasi sebesar 0,648, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dengan koefisien terstandarisasi pada variabel kecerdasan emosional sebesar 0,425 dan motivasi berprestasi sebesar 0,437. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi berperan terhadap peningkatan penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018.


 


Kata kunci: Kecerdasan emosional, mahasiswa baru, motivasi berprestasi, penyesuaian diri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, H. (2009). Psikologi perkembangan: Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: PT Refika Aditama.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (2018). Buku pedoman pelaksanaan SKP Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar: Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana 2018.
Bemfkunud.com. (2017). BKFK 55. BEM FK Unud. Diunduh dari http://bemfkunud.com/2017/03/13/bkfk-55/ pada tanggal 2 April 2018.
Cobos-Sánchez, L., Flujas-Contreras, J., & Gómez-Becerra, I. (2016). The role of emotional intelligence in psychological adjustment among adolescents. Annals of Psychology, 33(1), 66-73. doi: 10.6018/analesps.33.1.240181.
Deveci, T. (2015). Freshman students' emotional intelligence and team-work satisfaction levels. A comparative study: Gender and nationality. Journal of Higher Education, 5(1), 35-43. doi: 10.2399/yod.15.007.
Djaali. (2013). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dyson, R., & Renk, K. (2006). Freshman adaptation to university life: Depressive symptoms, stress and coping. Journal of Clinical Psychology, 62(10), 1231-1244. http://dx.doi.org/10.1002/jclp.20295.
Elias, H., Noordin, N. & Mahyuddin, R. (2010). Achievement motivation and self-efficacy in relation to adjustment among university students. Journal of Social Science, 6(3), 333-339. doi : 10.3844/jssp.2010.333.339.
Fuad, F.T. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan stres psikologis pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (Naskah publikasi, Universitas Indonesia). Diakses dari http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-03/S45743-Fitri%20Tasliatul%20Fuad.
Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
__________. (2015). Emotional intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E.B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentan kehidupan (5th ed). Jakarta: Erlangga.
Hutz, A., Martin, W. E., & Beitel, M. (2007). Ethnocultural person-environment fit and college adjusment: Some implications for college counselors. Journal of College Counseling, 10, 130-141. doi: 10.1002/j.2161-1882.2007.tb00013.x.
Ichsan, B. (2013). Hubungan kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri peserta didik di SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Wisuda ke-47 Bimbingan & Konseling. Diakses dari id.portalgaruda.org.
Lapsley, D. K., & Edgerton, J. (2002). Separation-individuation, adult attachment style, and college adjustment. Journal of Counseling & Development, 80(4), 484-492. doi:10.1002/j.1556-6678.2002.tb00215.
LPM Pcyco. (2016). Injeksi edisi khusus PKKMB dan SDFK. Diunduh dari https://www.dropbox.com/s/mw7ekktx9heer1m/SDFK.pdf?dl=0 pada tanggal 2 April 2017.
Misra, R. & Castillo, L.G (2004). Academic stress among the college students : Comparison of american and international students. International Journal of Stress Management, 11(2), 132-148. doi: 10.1037/1072-5245.11.2.132.
Mudhovozi, P. (2012). Social and academic adjustment of first-year university students. Journal Social Science, 33(2), 251-259. doi: 10.1080/09718923.2012.11893103.
Mutammimah. (2014). Hubungan konsep diri dan kecerdasan emosi dengan kemampuan penyesuaian diri pada remaja. Persona, 3(1), 42-51. Diakses dari jurnal.untag-sby.ac.id.
Papalia, D.E., Olds S.W., & Feldman R.D. (2009). Human development (9th ed) (A.K Anwar, Trans). Jakarta: Kencana. (Awalnya diterbitkan 1998).
Posey, T., Hill, E., Gomez, E., McFall, M., Humenik, S., & Clifford, D. (2015). Student adjustment to college: Examining the impact of an outdoor orientation program. Illuminare, 13(1), 53-62 Diakses dari digitalcommons.odu.edu.
Pratiwi, N.P.P.N. (2018). Mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (Artikel tidak dipublikasikan). Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Bali.
Putri, K.A.R.D. (2016). Peran kemandirian dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi pada siswa kelas unggulan SMA Dwijendra Denpasar. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Sarjana Psikologi Universitas Udayana. Denpasar.
Rustika, I.M. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada remaja. (Disertasi tidak dipublikasikan). Program Doktor Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Santrock, J.W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Saptoto, R. (2010). Hubungan kecerdasan emosi dengan kemampuan coping adaptif. Jurnal Psikologi, 37 (1), 13-22. Diakses dari jurnal.ugm.ac.id.
Schneiders. A.A. (1964). Personal adjustment and mental health. Diakses dari krishikosh.egranth.ac.in/bitstream/1/2027598/1/HS386.pdf.
Siregar, S. (2014). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif : Dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slavin, R.E. (2015). Educational psychology : Theory and practice. New York: Pearson.
Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan psikologi : Proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tribunnews.com. (2017). Student day unud sebagai syarat wisuda. Diunduh dari http://bali.tribunnews.com/2017/07/13/student-day-unud-sebagai-syarat-wisuda pada tanggal 2 April 2018.
Published
2019-08-29
How to Cite
PRATIWI, Ni Putu Padmadita Nanda; WILANI, Ni Made Ari. Peran kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 195-204, aug. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52521>. Date accessed: 16 nov. 2024.
Section
Articles