Pengaruh Teknik Mnemonik terhadap Kemampuan Membaca Aksara Bali pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Batubulan
Abstract
Pendidikan tingkat Sekolah Dasar mempunyai peranan penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki, salah satunya yaitu harus menguasai kemampuan membaca. Terdapat mata pelajaran yang mengajarkan cara membaca huruf lain selain abjad yaitu aksara Bali dengan kompetensi dasar yang harus dikuasi adalah mampu membaca permulaan aksara Bali. Adapun permasalahan yang dihadapi siswa kelas III SDN 1 Batubulan yaitu kesulitan dalam mengingat lambang aksara Bali. Kemampuan dalam mengingat bentuk dan bunyi huruf merupakan dasar untuk membaca. Teknik yang dapat digunakan untuk membantu permasalahan tersebut yaitu teknik mnemonik. Mnemonik merupakan teknik untuk meningkatkan penyimpanan dan pengambilan informasi dalam memori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mnemonik terhadap kemampuan membaca aksara Bali pada siswa kelas III SDN 1 Batubulan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat pre-experimental designs dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diperoleh yaitu 18 siswa. Tahapan penelitian terdiri dari pretest, perlakuan dan post test. Alat ukur yang digunakan adalah tes kemampuan membaca aksara Bali yang terdiri dari 20 soal. Perlakuan diberikan selama tiga kali dalam seminggu selama 6 sesi. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan hasil dengan signifikansi (p = 0.000 ? 0.05) yang artinya Ho ditolak. Adapun nilai effect size (r = 0.5625) menunjukkan bahwa perlakuan memiliki efek yang besar. Dapat disimpulkan bahwa teknik mnemonik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca aksara Bali pada siswa kelas III SDN 1 Batubulan.
Kata kunci: mnemonik, kemampuan membaca aksara Bali, siswa kelas III SD
Downloads
References
Amiryousefi, M. (2011). Mnemonic instruction: A way to boost vocabulary learning and recall. Journal of Language Teaching and Research, 2 (1), 178-182.
Andriani, N. E. (2014). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca teknis aksara Bali siswa kelas III SD Negeri 3 Singapadu Tengah. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali IKIP PGRI Denpasar.
Anuar, M. (2013). Keberkesanan teknik Al-Baghdadi dalam pembelajaran Al-Quran di Malaysia. (Thesis tidak dipublikasikan). Faculty of Language and Linguistic University of Malaya, Malaysia.
Asropah, Alfiah, Sulanjari, B., & Utami, H. R. (2014). Penerapan strategi mnemonics devices dalam pembelajaran aksara Jawa pada siswa kelas III di sekolah dasar Mlatiharjo 2 Semarang. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian (SNHP-IV) , 122-129.
Azwar, S. (2003). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2013). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2015). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bakken, J. P., & Simpson, C. G. (2011). Mnemonic strategies: Success for the young-adult learner. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 7 (2), 79-85.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. London: Sage. Field, A., & Hole, G. (2008). How to design and report experiments.
London: Sage.
Gubernur Bali. (2013). Peraturan Gubernur Bali Nomor 20 Tahun
2013 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Daerah Bali pada
Pendidikan Dasar dan Menengah. Denpasar: Pemprov Bali. Hardi. (2008). Efektivitas metode mnemonics untuk meningkatkan kemampuan mengingat lambang unsur-unsur kimia. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi
Universitas Sumatera Utara, Medan.
Heryadi, Y. (2014). Penggunaan pendekatan learning by doing untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. (Tesis tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Kebutuhan Khhusus Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Higbee, K. L. (1996). Your memory: How it work & how to improve it, Second edition. New York: Marlowe & Company.
King, L. A. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Kleinheksel, K. A., & Summy, S. E. (2003). Enhancing student learning and social behavior through mnemonic strategies. Teaching Exceptional Children, 36 (2), 30-35.
Langgeng, A. R. (2012). Pengaruh penerapan metode pembelajaran student facilitator and explaining terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Mertoyudan tahun ajaran 2011/2012. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Y ogyakarta.
MacKeben, M. (2000). Enhancement of peripheral letter recognition by typographic features. 1-13.
McNamara, G. (2012). The effectiveness of embedded picture mnemonic alphabet cards on letter recognition and letter sound knowledge. (Tesis tidak dipublikasikan). Department of Language, Literacy and Special Education, Rowan University.
Nala, N. (2006). Aksara Bali dalam usadha. Surabaya: Paramita. Ningrum, H. P., Syamsuddin, M. M., & Rahmawati, A. (2015). Efektivitas teknik mnemonic terhadap pengenalan huruf pada anak kelompok A TK Aisyah Trangsan 1 Gatak
Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 1-8.
Pal, S. R. (2014). Teaching language through mnemonics programme in pre-school children with hearing impairment. American International Journal of Research in Humanities, Arts and
Social Sciences, (6) 2, 196-199.
Rasiban, L. M. (2013). Penerapan student centered learning (SCL)
melalui metode mnemonik dengan teknik asosiasi pada mata kuliah kanji dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 180-189.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga. Sholikhati. (2012). pengaruh metode mnemonik-visual imagery untuk meningkatkan kemampuan mengingat ayat Al-Qur’an pada siswa sekolah dasar di Yogyakarta. (Tesis tidak
dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi
kognitif. Jakarta: Erlangga.
Sternberg, R. J. (2008). Psikologi kognitif. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (mixed methods).
Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Bahasa Bali Sekolah Dasar. (2009). Bahasa Bali:
Kusumasari 3. Denpasar: Dwi Jaya Mandiri.
Wade, C. & Travis, C. (2007). Psikologi edisi kesembilan. Jakarta:
Erlangga.
Wendra, I. W. (2007). Strategi guru dalam pembelajaran membaca
teks bahasa bali berhuruf bali di sekolah dasar laboratorium IKIP negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA No. 4.
White, T. (2009). The effects of mnemonics on letter recognition and letter sound acquisition of at-risk kindergarten students. (Desertasi tidak dipublikasikan). Texas A&M University.
Yogantari, L. P. W. (2016). Hasil wawancara terhadap dosen Bahasa Bali. Tidak dipublikasikan.
Yogantari, L. P. W. (2016). Hasil wawancara terhadap guru bahasa Bali mengenai permasalahan yang dihadapi siswa kelas III SDN 1 Batubulan. Preliminary study, Tidak dipublikasikan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).