PERAN IKLAN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT BELI PENGGUNA TOKOPEDIA PADA PASCA COVID-19

Universitas Udayana

  • Dewa Ayu Shita Setiari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati

Abstract

Kebutuhan konsumen pada kemajuan era digitalisasi dengan memanfaatkan marketplace yang cukup menarik perhatian dan memberi kemudahan, terlebih saat pasca covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran brand awareness memediasi pengaruh iklan terhadap niat beli. Sampel diambil sebesar 100 responden yang berdomisili di kota Denpasar orang yang belum pernah berbelanja online di Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys) dan menggunakan uji sobel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa iklan dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, serta brand awareness mampu berperan sebagai pemediasi hubungan antara pengaruh iklan terhadap niat beli pada Tokopedia. Implementasi selanjutnya sangat penting untuk melakukan inovasi terhadap iklan-iklan yang ditampilkan sehingga mampu menguatkan brand awareness yang mampu mendorong niat beli secara berkelanjutan.


Kata kunci: iklan, brand awareness, niat beli


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-31
How to Cite
SETIARI, Dewa Ayu Shita; EKAWATI, Ni Wayan. PERAN IKLAN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT BELI PENGGUNA TOKOPEDIA PADA PASCA COVID-19. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 8, p. 1550 – 1569, aug. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/84663>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i08.p06.
Section
Articles