PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO

  • I Nyoman Aditya Triatmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh masing-masing variabel kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap niat beli smartphone Oppo di Denpasar. Populasi penelitian ini adalah pengguna smartphone di Denpasar. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling terdiri atas 120 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner google form. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk smartphone Oppo. Hal ini berarti semakin baik kualitas produk maka semakin meningkatkan niat beli konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli smartphone Oppo. Hal ini berarti semakin terjangkau harga produk, semakin baik daya saing harga, semakin sesuai dengan kualitas, dan semakin sesuai harga dengan manfaat, maka niat beli terhadap smartphone Oppo juga akan meningkat. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin baik citra merek yang tertanam di benak konsumen, maka semakin tinggi niat beli konsumen terhadap smartphone Oppo.


Kata kunci: Perilaku konsumen, Kualitas produk, Harga, Citra merek, Niat beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-30
How to Cite
TRIATMAJA, I Nyoman Aditya; EKAWATI, Ni Wayan. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 412 - 434, may 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101036>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i04.p05.
Section
Articles