PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO

  • I Nyoman Aditya Triatmaja Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh masing-masing variabel kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap niat beli smartphone Oppo di Denpasar. Populasi penelitian ini adalah pengguna smartphone di Denpasar. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling terdiri atas 120 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner google form. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk smartphone Oppo. Hal ini berarti semakin baik kualitas produk maka semakin meningkatkan niat beli konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli smartphone Oppo. Hal ini berarti semakin terjangkau harga produk, semakin baik daya saing harga, semakin sesuai dengan kualitas, dan semakin sesuai harga dengan manfaat, maka niat beli terhadap smartphone Oppo juga akan meningkat. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin baik citra merek yang tertanam di benak konsumen, maka semakin tinggi niat beli konsumen terhadap smartphone Oppo.


 


The purpose of this study was to explain the effect of each product quality, price, and brand image variable on the purchase intention of Oppo smartphones in Denpasar. The population of this research is smartphone users in Denpasar. The sample was determined by purposive sampling method consisting of 120 respondents. Data was collected using a google form questionnaire. The analysis technique uses multiple linear regression analysis. The results of the study show that product quality has a positive and significant effect on the intention to buy Oppo smartphone products. This means that the better the quality of the product, the higher the consumer's purchase intention. Price has a positive and significant effect on the intention to buy an Oppo smartphone. This means that the more affordable the price of the product, the better the price competitiveness, the more in accordance with the quality, and the more suitable the price is with the benefits, the intention to buy Oppo smartphones will also increase. Brand image has a positive and significant effect on purchase intention. This means that the better the brand image that is embedded in the minds of consumers, the higher the consumer's purchase intention for Oppo smartphones.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianto, A. Y., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., dan Solimun, S. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business.
Aptaguna, A., dan Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Niat beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3, 49–56.
Arista, E. D., dan Astuti, S. R. T. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Niat beli Konsumen. ASET, 13(1), 37–45.
Daryanto. (2015). Inovasi Pembelajaran Efektif. Penerbit Yrama Widya
Dharmmesta, B. S., dan Handoko, T. H. (2014). Manajemen Pemasaran. Buchari Alma
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Niat beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 281
Geraldine, Y. M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Niat beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82
Ghozali Imam. 2016. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Universitas Diponegoro. In E-Jurnal Akuntansi (5th ed., Vol. 22). Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall (12th Edition). Pearson Education Inc
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 57–66
Mirabi, V., Akbariyeh, H., dan Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study : the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267–273
Nirushan, K. (2017). The Impact of Price and Trust on Purchase Intention of Organic Food Products in Trincomalee District. International Journal of Research in Management dan Business Studies (IJRMBS 2017), 4(3), 45–49
Powa, G. A., Lapian, S. J., dan Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Niat beli Konsumen Handphone pada Mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1188–1197.
Prawira, B., dan Yasa, N. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Niat beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 3642–3658.
Putra, I. M. S. M., dan Giantari, I. G. A. K. (2014). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Kewajaran Harga terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Matic Merek Honda di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(10), 2869–2886.
Rahyuda, K. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Udayana University Press.
Rb, L. D., Ingkadijaya, R., dan Angelina, S. C. (2021). Pengaruh citra merek dan harga terhadap niat beli di Koi Thé Mall Central Park Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 213–222.
Salatun, S. W., dan Layoo, N. (2017). Hubungan Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Outdoor di Kota Luwuk. Jurnal Emor, 2(2), 116–130.
Salfina, L., dan Gusri, H. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Niat beli Pakaian Anak-Anak Studi Kasus Toko Rizky dan Afdal Pariaman. Jurnal Indovisi, 1(1), 83–100.
Satria, D. A., dan Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Niat beli Konsumen Porkball. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 398–408.
Schiffman, L., dan Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Indeks.
Schiffman, L., dan Wisenblit, J. (2015). Consumber Behavior. Pearson Education Inc.
Shabbir, M. Q., Khan, A. A., dan Khan, S. R. (2017). Brand Loyalty Brand Image and Brand Equity: The Mediating Role of Brand Awareness. International Journal Of Innovation And Applied Studies, 19, 417–418.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Alfabeta.
Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Penerbit ANDI Yogyakarta.
Widyaningrum, P. W., DH., A. F., dan Arifin, Z. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Pembelian serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Smartphone Blackberry Pengunjung Malang Plaza). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 6–7.
Published
2023-05-30
How to Cite
TRIATMAJA, I Nyoman Aditya; EKAWATI, Ni Wayan. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 412 - 434, may 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101036>. Date accessed: 28 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i04.p05.
Section
Articles