PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orietasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada pemilik atau pengelola UKM laundry di Kecamatan Kuta Selatan. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 108 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik NonProbability Sampling dengan Sampling Purposive. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil analisis data, keseluruhan hipotesis diterima dimana orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing mampu memediasi secara positif pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UKM laundry di Kecamatan Kuta Selatan.