ANTESEDEN TRUST DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT AGUNG AUTOMALL DENPASAR

  • Desak Made Ramya Pranihita Sukma Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati Universitas Udayana

Abstract

Industri otomotif mobil berkembang sesuai perubahan kebutuhan dan preferensi konsumen. Mobil kini bukan hanya alat transportasi, tetapi juga gaya hidup serta status sosial. Penelitian ini dilakukan di PT Agung Automall Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah menguji peran trust dalam memediasi pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian mobil. Penelitian melibatkan konsumen yang membeli Toyota Avanza dalam lima tahun terakhir, menggunakan 100 sampel yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner offline dan secara online menggunakan Google Form. Instrumen penelitian berupa kuesioner diukur dengan skala Likert 5 poin. Analisis data menggunakan SEM-PLS menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap trust dan keputusan pembelian, dengan trust memediasi sebagian pengaruh tersebut. Hasil ini mendukung penelitian terdahulu secara teoretis. Implikasi praktisnya, PT Agung Automall Denpasar harus fokus pada layanan pelanggan, kualitas produk, dan citra positif perusahaan. Perusahaan perlu meningkatkan layanan pelanggan, memastikan kualitas mobil yang dijual, dan mempromosikan citra positif. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang memengaruhi keputusan pembelian serta memperluas lingkup atau mengganti lokasi penelitian.


 


The automotive industry is evolving in line with changes in consumer needs and preferences. Cars are now not only a means of transportation, but also a lifestyle and social status. This study was conducted at PT Agung Automall Denpasar. The purpose of this study was to examine the role of trust in mediating the influence of product quality and brand image on car purchasing decisions. The study involved consumers who purchased Toyota Avanza in the last five years, using 100 samples selected by purposive sampling. Data collection was carried out through offline questionnaires and online using Google Form. The research instrument in the form of a questionnaire was measured using a 5-point Likert scale. Data analysis using SEM-PLS showed that product quality and brand image had a significant positive effect on trust and purchasing decisions, with trust mediating some of the influence. These results support previous research theoretically. The practical implication is that PT Agung Automall Denpasar must focus on customer service, product quality, and positive company image. Companies need to improve customer service, ensure the quality of cars sold, and promote a positive image. Further research can add other variables that influence purchasing decisions and expand the scope or change the location of the study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, F. dan Purwantoro. (2022). Analisis Pengaruh Testimoni, Brand image terhadap Variabel Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee melalui Kepercayaan sebagai Variabel Moderating. Journals of Indonesian Multidisciplinary Research, Vol 2, No. 1, 1-9.
Badir, M. dan Andjarwati, L. A. (2020). The Effect of Ewom, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, Vol. 7, No. 1, 39-52.
Chandra, J. (2023). Pengaruh Viral Marketing dan Brand image terhadap Kepercayaan serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Toko Online Shopee. Marketgram Journal, Vol. 1, No. 4, 686-693.
Darmansyah, Salim, M., dan Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 12, No. 2, 230-238.
Dharma, N. S. dan Sukaatmadja, I. G. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merk, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 8, 2895-2914.
Fadhilah, Wenang, F. P., dan Affifatusholihah, L. (2021). Factors Affecting Trust on Purchase Decisions Through E-Marketplace. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol. 5, No. 4, 1120-1129.
Fauzi, R. U. dan Darsono, A. K. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Brand Image, dan Risiko Keuangan terhadap Kepercayaan dan Minat. Maker: Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2, 211-222.
Garasi.id. (2022, November 7). Mobil Usia 5 Tahun Sudah Mulai Butuh Perhatian. Retrieved from Garasi.id
Haris, D. dan Welsa, H. (2018). Kualitas dan Desain Produk dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, Vol. 2, No. 2, 125-139.
Hermansyur, H. dan Aditi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, 32-43.
Indonesia, G. I. (2022). Penjualan Mobil Nasional Tembus 950 Ribu Unit di Akhir Tahun 2022. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawati, N. I. (2020). Analysis of The Influence of Word of Mouth and Brand image on The Decision to Purchase Cosmetics Make Over Products in Semarang. Economics, Management and Sustainability - Scientific Journal, Vol. 5, No. 2, 138-148.
Lisdiana, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen secara Online di Online Shop Lazada. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, Vol. 4, 1356-1367.
Maiza, F., Sutardjo, A., dan Hadya, R. (2022). Pengaruh Kualitas dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Nazurah Hijab di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Matua, Vol. 4, No. 2, 375-386.
Mambu, T. R., Tampi, J. R., dan Mukuan, D. D. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tondano. eJournal Unsrat (Productivity), Vol. 2, No. 1, 2723-0112.
Mertha, A. M. dan Respati, N. R. (2022). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Brand image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Finns VIP Beach Club Canggu). E-Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 3, 569-589.
Ofa, G. S. dan Wuisan, D. (2021). Analysis of The Influence of Brand Image, Product Quality and Price Perception on Purchase Decision of Honda Automatic Transmission Motorcycle in West Halmahera. Indonesian Marketing Journal, Vol. 3, No. 1, 123-130.
Pramesty, M., Syarifuddin, Silvianita, A., dan Fakhri, M. (2022). The Influence of Price and Quality on Purchasing Decisions for Luxcrime Products. IEOM Society International, Vol. 1, No. 1, 3842-3851.
Putra, A. (2020). Faktor–Faktor Yang Berpengaruh terhadap Kepercayaan Konsumen dan Implikasinya pada Minat Pembelian Ulang Produk Sunnygold (Studi Kasus pada Konsumen SunnyGold di Jakarta Selatan). JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), Vol. 3, No. 2, 196 - 211.
Putri, W. dan Harti. (2022). Pengaruh Brand image dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Scarlett. Jurnal Dimensi, Vol. 11, No. 2, 346-363.
Rahman, S. dan Wijaya, A. (2021). Analysis of The Influence of Product Quality, Promotion, Brand image and Lifestyle on Purchase Decision of Motorcycle Kawasaki Klx 150cc at PT. Greentech Cakrawala Motorindo in Pekanbaru. Journal of Applied Business and Technology, Vol. 2, No. 1, 59-72.
Ramdhani, M. F. dan Nugraha, R. C. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Liquid Bercukai di Djaway Vape Store di Pandeglang. Jurnal Ilmiah Niagara, Vol. 15, No.1, 40-53.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 7, No. 2, 1-14.
Safitriani, L., Baktiono, A., Arimbawa, I., dan Damayanti, E. (2019). Analysis of Product Quality, Sales Promotion, Brand Images, and After-Sales Service towards Samsung Gadget Purchase Decisions. International Journal of Electrical Engineering and Information Technology, Vol. 2, No. 1, 1-9.
Septiyana, F., Shihab, M. S., Kusumah, H., Sugina, dan Apriliasari, D. (2023). Analysis of the Effect Product Quality, Price Perception and Social Value on Purchase Decisions for Lampung Tapis Fabrics. APTISI Transactions on Management (ATM), Vol. 7, No. 1, 54-59.
Simarmata, M. Y., Taufik, E., dan Damarwulan, L. M. (2021). Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 5, 33-47.
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., dan Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of lowcost Green Car. Binus Business Review, Vol. 11, No. 3, 187-196.
Tahar, A. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, 14-24.
Tjiptono, F. dan Diana, A. (2016). Marketing Essence and Application. Yogyakarta: Andi Offset.
Toyota Denpasar, A. (2022). Daftar Mobil Terjual pada Tahun 2022 di PT Agung Automall Denpasar. Agung Toyota Denpasar.
Toyota, A. (2024, Februari 22). About Us. Retrieved from www.agungtoyota.co.id: https://www.agungtoyota.co.id/about-us/agung-toyota
Utari, N. M. dan Sukawati, T. R. (2023). Peran Brand image Memediasi Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian the Body Shop di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 12, No. 3, 460-470.
Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity terhadap Trust, serta Implikasinya terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi, Vol. 2, No. 2, 155 - 168.
Yosua, A. (2021). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Kepercayaan (Trust) Konsumen Dandampaknya pada Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Syntax Transformation, Vol. 2, No. 12, 1686-1699.
Yurindera, N. (2020). Pengaruh Persepsi dan Sikap terhadap Motivasi serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Online di Masa Pandemi. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 23, No.3, 349 - 361.
Published
2025-04-30
How to Cite
PRANIHITA SUKMA, Desak Made Ramya et al. ANTESEDEN TRUST DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT AGUNG AUTOMALL DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 14, n. 4, p. 204 - 218, apr. 2025. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/116778>. Date accessed: 02 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2025.v14.i4.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>