PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP NIAT BELI ULANG DEWATA KAOS DI DENPASAR
Abstract
Trend fashion yang terus berkembang silih berganti, membuat perusahaan perlu menerapkan strategi pemasarakn yang optimal. Strategi marketing mix merupakan alat dasar berupa seperangkat variabel terkontrol yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai pasar sasaran. Suatu kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Setiap perusahaan dituntut untuk mengerti dan memahami strategi pemasaran yang tepat agar konsumen merasa puas dan terjadi niat pembelian ulang sehingga dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen dalam memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli ulang.Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebar kuisioner, secara offline (secara langsung) dan online (google form) kepada responden yaitu konsumen dewata kaos yang berdomisili di kota Denpasar dengan sampel sebanyak 110 orang, menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel. Hasil penelitian menunjukan kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli ulang pada produk Dewata Kaos di Denpasar.
Kata kunci: Marketing mix, kepuasan konsumen, niat beli ulang